Menghadapi Musibah dengan Do’a dan Usaha

Menghadapi Musibah dengan Do’a dan Usaha

Tanar air sedang dilanda berbagai bencana di suluruh Indonesia, mulai bencana gempa bumi, longsor, banjir dan seterusnya. Terlebih khusus bencana banjir yang disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi.

Menghadapi Musibah dengan Do’a dan Usaha

Peristiwa banjir merupakan salah satu kekuasaan Allah Ta’ala, agar terhindar dari malapetaka banjir dianjurkan bagi seorang Muslim untuk memperbanyak amal sholeh. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah memperbanyak berdoa.

Selain itu dapat memperkuat keimanan, ketika rajin berdoa dan meminta pertolongan akan membantu proses berserah diri kepada sang Pencipta. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa:

ALLAHUMMA INNII ASALUKA KHAIRAHAA WA KHAIRA MAA FIIHAA WA KHAIRA MAA URSILAT BIHI WA A’UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA URSILAT BIHI

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya, kebaikan apa yang terdapat padanya, kebaikan apa yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.” (HR. Muslim)

BISMILLAHILLADZI LA YADHURRU MA’ASMIHI SYAIUN FILLARDHI WALA FISSAMAI WAHUWASSAMI’UL ‘ALIM.

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Selain melantunkan doa ketika terjadi bencana, hal lain yang hendaknya dilakukan adalah memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah Ta’ala, memperbanyak sedekah, tetap husnudzan kepada Allah Ta’ala, dan memperbanyak sedekah.

Bahkan ditengah kondisi saat ini yang tidak hanya terjadi bencana alam dibeberapa daerah. Saat ini wabah covid-19 kembali meningkat di tanah air kita. Kita harus meyakini bahwa adanya wabah ini adalah atas kehendak Allah Ta’ala dan kita juga harus yakin bahwa Allah jugalah yang akan mengangkat wabah ini dari umat manusia.

Dengan banyak berdoa kepada Allah dan terus barupaya keluar dari musibah ini insyaAllah Allah akan memberikan titik terang diangkatnya musibah dari negeri kita. Karena akan sia-sia jika kita hanya berusaha menangkal atau menyelesaikan musibah tanpa diiringi dengan memperbanyak ibadah atau berdoa kepada Allah. Wallahu a’lam bishowab

(Shabirin/Wahid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *