Menuju Cahaya Ilahi Yang Istiqomah

Sahabat yang baik, setiap kejadian tidak ada yang sia-sia dan pasti ada hikmahnya, mudah-mudahan kita bisa dituntun oleh Alloh Ta’ala untuk bisa melihat hikmah dari setiap masalah

 

Musibah yang terjadi, apapun bentuk musibah itu semuanya atas izin Alloh. Alloh memerintahkan kita untuk ikhtiar, kalau kita berusaha untuk mematuhi perintah Alloh, nanti akan ada takdir terbaik yang Allah berikan kepada hambanya yang patuh pada perintahnya.

 

Mewujudkan kejadian apapun mudah bagi Alloh, ada yang terjadi dengan izin Alloh tapi Alloh tidak ridho, ada juga yang terjadi dengan izin Allah dan Allah ridho. Dan orang yang beruntung itu dipermudah berbuat manfaat dan dipersulit berbuat maksiat itu adalah bagian dari karunia.

 

Namun, ketika ada hal yang sangat kita inginkan tapi Alloh tidak mewujudkannya, jangan sampai kita kecewa, karena ikhtiar yang kita lakukan sudah dicatat oleh Alloh.

 

وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

 

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh: 216)

 

Akan ada hikmah yang didapat dari setiap hal yang kita anggap buruk, baik berupa musibah dan rasa sakit. Namun jangan pula berpikiran bahwa ketika kita berbuat maksiat, itu adalah takdir, padahal itu adalah pilihan. Maka kita harus berhati-hati,  karena Allah mewajibkan kita taat, maka kita akan menjauhi maksiat.

 

Jika ada sesuatu yang sudah terjadi, kita tidak boleh menyesal dengan mengatakan andai saja, seandainya, kalau saja. Karena andai kata itu membuka tipu daya setan. Namun jika terhadap kebaikan, contohnya “Wah andai saja tadi saya pergi ke pengajian”, nah itu adalah andai yang bagus. Karena menunjukkan penyesalan ketika tidak memaksimalkan ikhtiar dalam menuntut ilmu.

 

Maka, bersungguh-sungguhlah dalam hal yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah bersikap lemah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *