Aa Gym: Merdeka Tanpa Menuhankan Hawa Nafsu

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menyoroti siapa pun yang menuhankan nafsu duniawi dalam menghayati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut Aa Gym, kemerdekaan adalah amanah, yakni bagaimana masyarakat mengisinya. Aa Gym mengatakan kemerdekaan hanya akan bisa dinikmati oleh pribadi yang merdeka.

“Siapakah pribadi yang merdeka? Mereka adalah orang yang bertauhid. Orang yang hatinya tidak diperbudak oleh harta dan tidak dijajah oleh pangkat, gelar, jabatan, popularitas, serta kedudukan,” ujar Aa Gym dalam video yang diunggah melalui akun jejaring sosial Twitter miliknya, Senin (17/8).

Sebab, imbuh Aa Gym, ternyata di sebuah negara merdeka, kebahagiaan dan kemuliaannya bisa terpuruk jika pribadi-pribadinya masih belum merdeka dari menuhankan duniawi dan nafsu.

“Karena itu, orang yang paling bisa mengisi kemerdekaan di negeri ini yang akan bisa berkarya terbaik, yang akan bisa teladan dalam kemuliaan akhlak,” ujar Aa Gym.

Menurut Aa Gym, yang bisa bersungguh-sungguh adalah orang-orang yang bertauhid, “Orang yang menyadari bahwa kemuliaan sesudah tauhid adalah menjadi sebaik-baik manusia, yakni yang paling bermanfaat bagi sesamanya. Orang yang paling sukses itu adalah orang yang paling banyak manfaatnya.”

Aa Gym pun turut mendoakan arwah pejuang kemerdekaan RI. “Semoga oleh Allah diterima semua perjuangan dan pengorbanannya, dan dicatat sebagai amal saleh yang mengalir terus pahalanya,” ujar Aa Gym. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *