MQ Ta’awun: Walau Pandemi, tetap Konsisten Beramal Sosial

Bincang Bisnis yang disiarkan MQTV pada Selasa (16/12), menghadirkan Wahyu Prihartono, Direktur MQ Ta’awun, salah satu lembaga sosial yang berafilisiasi dengan Daarut Tauhiid (DT). Pada kesempatan tersebut, Wahyu menyampaikan tentang aktivitas sosial di DT yang tetap konsisten selama pandemi ini.

Menurutnya, situasi pandemi bahkan membuat penyaluran bantuan yang dilakukan DT semakin terasa kebermanfaatannya. Beragam inovasi program pun menjadikan DT dinilai positif oleh mitra maupun masyarakat penerima manfaat.

“Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan. Kita ikhtiar saja dalam membantu sesama. Saat total membantu sesama, maka akan timbul rasa syukur dalam diri ini. Apalagi penerima manfaat sangat merasakan terbantu dalam kondisi sulitnya,” ujar Wahyu.

Selain itu, Wahyu menambahkan kondisi sulit bukan hal yang harus diratapi. Bahkan menurutnya, kolaborasi dalam membantu sesama harus dilaksanakan.

“Beramal saleh harus selalu dilakukan, sehingga kita senantiasa berkomunikasi dan bersinergi dengan DT Peduli dalam konteks penyaluran kebermanfaatan. Tapi yang kita sorot berbeda dengan DT Peduli,” ujarnya.

Wahyu menjelaskan meski dalam hal penyaluran sama dengan DT Peduli, namun menurutnya cakupan aktivitas sosial MQ Ta’awun lebih luas.

“Contoh bagi pemegang kartu MQ Ta’awun misalnya wafat. Bukan hanya diberikan bantuan perangkat alat jenazah, tapi santunan bagi keluarga. Meski tidak besar, tapi bisa membantu keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.

Selain itu, Wahyu mengungkapkan konsep MQ Ta’awun seperti yang dilakukan pada masa Rasulullah. Bahwa masjid dan lingkungan sekitar terasa hidup dengan aktivitas sosial, sehingga membantu sesama penting dilakukan.

“Jadi, lingkungan pesantren harus terasa kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, DT dan MQ kemudian bekerja sama dengan Syafii Antonio, maka hadirlah MQ Ta’awun. Konsep ini akan terasa dan telah tersebar di seluruh negeri. Semoga istiqamah dan kami selau bisa membantu sesama,” ujarnya. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *