Pendidikan Salat untuk Anak

Keluarga merupakan tempat pertumbuhan anak yang pertama. Permulaan anak mendapat pengaruh tentang hidup terutama dari kedua orangtuanya. Masa ini merupakan fase yang sangat penting. Bahkan termasuk masa paling kritis dalam pendidikan anak.

Pendidikan Keluarga

Pada masa pendidikan dalam keluarga pula, apa yang ditanamkan ke dalam diri anak akan sangat membekas dan terpatri dalam jiwa dan pribadinya. Pendidikan mengenai syariat salah satunya, yakni salat. Pendidikan salat mencakup segala tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Pembinaan salat merupakan penyempurnaan dari pembinaan akidah. Sebab salat merupakan cerminan dari akidah.

Ketika seorang anak memenuhi panggilan Rabbnya dan melaksanakan perintah-perintahnya, maka ia telah menyambut kecenderungan fitrah yang ada dalam jiwanya. Sehingga ia akan merasakan keterhubungan makhluk dan Sang Khalik. Pendidikan salat pada anak juga diabadikan dalam al-Quran, Allah Ta’ala berfirman:

يٰبُنَيَّ اَقِمِ الصَّلٰوةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوْفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلٰى مَآ اَصَابَكَ ۗ

اِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ ﴿لقمان : ۱۷

Artinya: Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.” (QS. Luqman [31]: 17).

Tetapi kenyataannya banyak orangtua yang belum menjalankan perannya dengan optimal. Banyak para orangtua yang sibuk bekerja untuk mencari nafkah sehingga mengabaikan pendidikan ibadah anaknya. Perkara yang lebih mengkhawatirkan lagi ialah perihal pengasuhan anak yang seharusnya dilakukan oleh orangtua kemudian diserahkan kepada pihak lain. Hal ini membuat tujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama dan prinsip-prinsip mulia kepada anak menjadi tidak terlaksana.

Melatih Anak untuk Salat

Salat merupakan salah satu kewajiban yang menduduki peringkat kedua dalam rukun Islam. Yaitu setelah umat Islam bersyahadat— menyatakan diri bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa; yang hanya kepada Dia umat Islam menyembah dan meminta pertolongan, serta bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah SWT. Rasulullah saw bersabda, “Janji yang terikat erat antara kami dengan mereka adalah salat maka barang siapa yang meninggalkan salat, ia telah kafir. (HR. Ahmad).

Kewajiban salat diberikan kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alayhi wassalam melalui perjalanan luar biasa yang tidak akan mampu dilakukan oleh semua makhluk Allah yakni Isra` dan Mi`raj. Isra’ dan Mi’raj adalah perjalanan khusus untuk menemui Allah Ta’ala, yaitu perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan dilanjutkan dengan perjalanan ke Sidratul Muntaha.

Seorang anak harus dilatih dan dididik untuk tetap melaksanakan serta memelihara salat sejak usia dini. Walau pun syarat wajibnya belum terpenuhi seluruhnya seperti akil baligh. Rasulullah saw pernah bersabda, “Perintahkanlah anak-anakmu agar mendirikan salat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun apabila mereka enggan melakukan salat. Dan pisahkan tempat tidur mereka masing-masing.” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim).

Hadis ini menunjukkan bahwa Rasulullah saw dengan tegas telah mensyariatkan agar pendidikan salat dimulai sejak usia dini. Yaitu sebelum anak-anak mencapai usia baligh. Bahkan ketika anak-anak berusia tujuh tahun, mereka telah diperintahkan untuk menjalankan salat.

Tidak mudah mengajarkan anak-anak untuk mulai bisa menjalankan salat. Latihan ini memerlukan berbagai persiapan seperti bagaimana cara berwudu, mengajari mereka tentang rukun-rukun salat, serta hal-hal yang membatalkannya. Untuk mengajarkan salat pada anak-anak, yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan teladan. Orangtua harus bisa menjadi contoh dengan cara mampu konsisten menjaga kedisiplinan dalam menjalankan salat. Jika hal ini sudah terjadi, insya Allah anak-anak tidak akan sulit untuk mulai meniru kebiasaan salat ayah bundanya.* (Gian)

*disunting dari Peranan Orang Tua dalam Mengajarkan Pendidikan Salat pada Anak Sejak Usia Dini oleh Enny Nazrah Pulungan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *