Penentuan Kiblat Eco Pesantren 2, MUI: Ini Langkah DT Untuk Edukasi Masyarakat

[daaruttauhiid.org] – Kamis (14/10), telah dilaksanakan penentuan arah kiblat Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin Eco Pesantren 2 yang berlokasi di Desa Karyawangi, Cigugur Girang Kab. Bandung Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sholehudin Ketua MUI Desa Karyawangi yang bertugas sebagai penentu arah kiblat dengan metode ilmu falak menggunakan alat kompas dan alat lainnya.

Turut hadir pula para pimpinan dari ketiga Yayasan di Daarut Tauhiid, yaitu Yayasan Daarut Tauhiid, Yayasan DT Peduli, dan Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil ‘Alamin, yang hadir untuk langsung menyaksikan proses penentuan arah kiblat di lokasi.

Sholehudin (Ketua MUI) menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedear sebuah penentuan arah kiblat saja. Tetapi ini juga sebagai bentuk edukasi dari Daarut Tauhiid kepada masyarakat umum bahwasannya dalam proses pembangunan masjid seharusnya dilakukan terlebih dahulu penentuan arah kibat yang dilakukan dengan teknik yang akurat.

“karena saat ini banyak masjid-masjid yang dibangun tetapi justru penentuan arah kiblatnya belakangan, setelah bangunan masjid selesai, dan penentuan arah kiblatnya pun hanya dikira-kira, sehingga tidak jarang ada masjid yang suka menggeser-geser sajadah karena kiblat yang blm tepat.” Ungkap sholehudin.

Aa Gym yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, “Allah yang Maha Menyaksikan, rumah ini adalah rumah Allah. Sebetulnya tidak rumit membangun masjid, yang rumit itu adalah menjaga niat bisa lurus atau tidak. Mudah-mudahan adanya masjid ini bisa membersihkan hati dan menjadi ladang amal shaleh.”

Dengan telah ditentukannya arah kiblat di lokasi Eco Pesantren 2, maka ini menjadi penentu untuk bangunan-bangunan lainnya agar bisa sesuai posisi dan arah bangunannya. (Wahid)

 

Red: WIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *