Penuh Haru, Wisuda Virtual Siswa DT

Wisuda virtual yang dilaksanakan Direktorat Pendidikan (Dirdik) Daarut Tauhiid (DT) berlangsung haru. Bukan hanya karena para orangtua harus merelakan anak-anaknya lulus di tengah pandemi dan dilaksanakan secara virtual, suasana haru juga terasa ketika doa-doa dan sambutan dari Pimpinan Pondok Pesantren DT, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Dalam kesempatan tersebut Aa Gym mengatakan, seluruh siswa/santri DT yang hari ini diwisuda harus bisa menjalankan kehendak Allah dengan lapang dada. Segala sesuatu yang terjadi hari ini, kata Aa, harus bisa dijalani dengan penuh keikhlasan.

“Kita tahu ada rasa ingin dilepas secara normal-normal saja, namun keadaan yang membuat wisuda virtual ini harus berlangsung. Tugas kita hanya meluruskan niat, tetap percaya bahwa generasi yang hari ini diwisuda secara virtual, merupakan generasi yang memiliki cita-cita tinggi dan insya Allah akan menjadi yang terbaik,” katanya dalam siaran langsung wisuda Dirdik, Kamis (25/6).

Aa gym menjelaskan hal yang paling terpenting dalam kegiatan ini bukan formalitasnya saja, namun perlu dilihat sisi esensinya. Kesedihan yang tergambar saat ini, kata Aa Gym harus dijadikan alat untuk memicu diri lebih baik dan lebih meningkat.

“Ayah-ibu, adek-adek, dan hadirin pasti sangat sedih melihat fenomena ini. Tapi harus tetap yakin dan tawakal kepada Allah bahwa ini merupakan kehendak Nya. Setiap kesedihan yang tergambar hari ini harus bisa jadi pelurus niat kita. Harus menjadi bentuk keikhlasan atas apa yang terjadi,” jelasnya.

Bagi para siswa/santri, Aa Gym berpesan agar selalu mengingat apa yang sudah diajarkan di DT. Sebaiknya, kata Aa pengalaman tersebut bisa dikembangkan dan disebarkan di lingkungan lain. Aa Gym akan merasa bangga ketika siswa/santri DT bisa menjadi pionir perubahan di tempat yang berbeda.

“Siswa atau santri DT punya sesuatu yang diunggulkan, keyakinan pada Allah SWT yang tinggi. Aa doakan tetap istiqamah dengan apa yang sudah diemban di sini. Semoga diberikan kekuatan untuk tetap bisa menyebarkan apa yang sudah dikerjakan dan dialami di sini,” kata Aa Gym. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *