PG & TK DT: Kenalkan Ragam Budaya Indonesia melalui Prakarya

Sudah delapan bulan kegiatan belajar mengajar di PG & TK Daarut Tauhiid (DT) diadakan secara online. Meskipun kegiatan tidak dilakukan dengan tatap muka langsung, para guru tetap memberikan pelayanan pendidikan kepada para siswa dengan cara yang mengasikkan. Harapannya agar para siswa yang belajar di rumah tidak merasa bosan.

Beragam media dan metode diberikan para guru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Mulai dari video call, voice note, memberikan pembelajaran dari YouTube yang diisi langsung oleh guru kelompok, pembelajaran melalui media worksheet, membuat prakarya  yang dicontohkan, pembelajaran tema, dan lain sebagainya.

Pada pekan ke tiga bulan November ini, PG & TK DT melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan mengambil tema Ragam Nusantara Indonesia. Ini merupakan upaya untuk mengenalkan kebudayaan dan berbagai keragaman yang ada di Indonesia kepada anak-anak.

Ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan pekan ke tiga ini, Cici salah seorang guru PG & TK DT menyampaikan tema ini diturunkan menjadi beberapa kegiatan untuk setiap harinya.

“Dari tema Ragam Nusantara Indonesia, kemudian diturunkan menjadi beberapa kegiatan, yakni kegiatan mengenal pakain adat, mengenal bahasa daerah, mengenalkan permainan tradisional, dan kegiatan lainnya,” ujar Cici.

Sebelum kegiatan KBM dimulai, terlebih dahulu guru memberikan informasi kegiatan  pembelajaran kepada orangtua. Ada yang berupa tutorial pembuatan prakarya, voice note hafalan, jadwal video call setiap anak, dan ada video pembelajaran via YouTube.

“Selain kegiatan inti, ada juga kegiatan Kring-kring Assalamu’alaikum, menebalkan dan menyebutkan kosakata bahasa Sunda, Mengaji Itu Keren, mengenal kisah Khulafaul Rasyidin, dan kegiatan di mana anak diminta membuat topi dayak dari daun kering. Di kegiatan ini anak dilatih agar kreatif dan mengasah motorik kasar serta halusnya,” tambah Cici. (Pipit)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *