PKBM Daarut Tauhiid Gelar Audiensi Bersama Disdik Kota Bandung

PKBM DT menggelar audiensi dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung pada Kamis (27/5). Ketua PKBM DT, Khairati bersama tim manajemen PKBM DT disambut langsung oleh Kabid Pembinaan dan Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat. Drs. Abdul Gaos, M.Pd. Selain Tim manajemen PKBM DT turut hadir pula Wakil Kepala Harian Pesantren, Dadan Junaedi dan Ketua DKM DT Bandung, Dadang Subagja.

Kedatangan PKBM DT kali ini dalam rangka silaturahim, berkomunikasi sekaligus meminta saran dari Disdik Kota Bandung terkait pengembangan program PKBM DT agar sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Dalam sambutannya, Khairati mengucapkan terimakasih kepada Disdik Kota Bandung yang terus memberikan bimbingan, dukungan penuh terhadap perkembangan PKBM DT. “Kami, atas nama PKBM DT mengucapkan terimakasih kepada Disdik Kota Bandung yang selama ini terus memberikan Bimbingan dan dukungannya kepada PKBM DT, sehingga kami dapat menjalankan program sesuai dengan aturan berlaku”, ujar Khairati.

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan PKBM DT dan dilanjut dengan sambutan serta diskusi. Dalam sambutan penerimaannya Drs. Abdul Gaos,M.Pd membuka dengan menceritakan sejarah pendidikan nonformal di Indonesia. “Pada masa sebelum kemerdekaan dan pasca kemerdekaan, pendidikan nonformal berupa Pendidikan Keaksaraan merupakan salah satu program belajar pertama di Republik Indonesia ini, yang awalnya dari surau ke surau, rumah ke rumah hingga terus berkembangg sesuai dengan kondisi zaman waktu itu.”

Setelah berlangsung sambutan dan pembukaan kemudian kegiatan dilanjut dengan diskusi tentang berbagai isu terkait PKBM, khususnya PKBM DT. Salah satu bahasannya mengenai legalitas PKBM dalam menjalankan program kursus kewirausahaan dan juga terkait warga belajar PKBM DT yang secara domisili berada di luar Kota Bandung. Hal ini yang kemudian dapat dipastikan bahwa warga belajar di PKBM boleh berada di luar Kota Bandung dan juga PKBM dapat menjalankan program kewirausahaan. 

Perlu diketahui saat ini mayoritas warga belajar PKBM DT baik dari paket A, B, dan C merupakan Santri Penghafal Quran Baitul Quran DT dan dari pondok pesantren sekitar DT yang mana secara asal tempat tinggal di luar Kota Bandung. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi penguat ikatan silaturahim dan kemitraan antara PKBM DT dan Disdik Kota Bandung yang diharapkan bisa ikut andil dalam upaya mencerdaskan bangsa yang bermartabat, menebar manfaat, dan diberkahi oleh Allah Ta’ala. (A. Syaikhoni)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *