Program PMK DT kembali Dibuka

Khusus bagi sahabat yang ingin mengisi masa tuanya dengan hal-hal yang lebih bermanfaat, atau mungkin orangtuanya ingin belajar lagi ilmu agama, kini Program Pesantren Masa Keemasan (PMK) Daarut Tauhiid (DT) kembali dibuka. Yakni angkatan ke-33 hingga angkatan ke-38.

Pendaftaran program ini dibuka sepanjang tahun. Hanya tutup jika kuoata setiap angkatan telah terpenuhi. Ada pun jadwal tanggal pendaftaran per angkatannya sebagai berikut :

  • Angkatan ke-32 : 8 Januari – 16 Februari 2018
  • Angkatan ke-33 : 26 Februari – 6 April 2018
  • Angkatan ke-34 : 9 April – 19 Mei 2018
  • Angkatan ke-35 : 2 Juli – 10 Agustus 2018
  • Angkatan ke-36 : 13  Agustus – 21 September 2018
  • Angkatan ke-37 : 1 Oktober – 16 Nopember 2018
  • Angkatan ke-38 : 19 November – 28 Desember 2018

Ahmad Syaikhoni, Sekretariat Pesantren DT mengungkapkan, banyaknya peminat para peserta yang mendaftar untuk Program PMK ini, membuat sebagian angkatan sudah terpenuhi kuotanya, yakni angkatan ke-33. “Mohon maaf, kalau untuk angkatan ke-33 sudah penuh,” tuturnya.

Ahmad juga mengatakan, Program PMK ini merupakan program pesantren mukim 40 hari untuk usia 45 tahun ke atas. Tujuan diadakannya program ini adalah membina muslim dan muslimah masa keemasan agar memiliki akidah yang lurus, ibadah yang benar, dan akhlak yang mulia. Lalu, untuk memfasilitasi muslim dan muslimah masa keemasan untuk mempersiapkan diri meraih khusnul khotimah dengan ilmu akidah, syariah, dan pembiasaan ibadah harian. Kemudian membentuk muslim dan muslimah masa keemasan menjadi pribadi berkarakter BAKU (Baik dan Kuat).

Untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan itu, diadakanlah program ini. Ahmad menjelaskan, peserta PMK akan dibekali dengan berbagai materi saat mengikuti program selama 40 hari di pesantren. Materi yang akan diberikan adalah materi kelas, mencakup pembelajaran ilmu agama mengenai akidah, fikih ibadah, akhlak, tahsin al-Quran, dan ilmu meraih khusnul khotimah.

Selain materi kelas, ada juga materi kepesantrenan, materi komplemen, dan materi pembiasaan, seperti salat fardhu lima waktu berjamaah di masjid, salat tahajud, salat dhuha, saum sunah, sedekah, zikir pagi dan petang, tilawah al-Quran, hafalan surah-surah pilihan, dan pembiasaan Bersih, Rapih, Tertib, Teratur (BRTT).

Asmawati, salah seorang alumni PMK DT, mengaku betah berada di DT. Bahkan setelah selesai mengikuti program PMK, ia sengaja nyewa kontrakan di DT agar bisa terus belajar ilmu agama. Bukan hanya itu, Asma juga memiliki cita-cita ingin wafat di DT.

“Saya sudah bilang ke anak-anak saya, kalau saya ingin meninggal di DT saja,” tuturnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program PMK dan yang lainnya, sahabat bisa hubungi nomor dan alamat berikut: XL : 0819-1020-6060, Tsel : 0812-2080-023, atau ke email : pesantrendt@gmail.com. Selain itu sahabat juga bisa datang langsung ke sekretariat pesantren di Gedung Muslimah Center Jalan Gegerkalong Girang 30 D Bandung, telepon (022) 2021902.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *