Puasa yang Utama Setelah Ramadhan

Beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 10 Muharram sebagian umat Islam baru saja melaksanakan puasa asyura. Dimana bagi umat Islam yang melaksanakanya akan mendapatkan beberapa keutamaan dari Allah Ta’ala.

Puasa Asyura merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh baginda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Puasa asyura dilakukan pada setiap tanggal 10 Muharram. Dan tahun ini, puasa asyura bertepatan pada hari Kamis, 19 Agustus 2021. Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan umat Islam melakukan puasa Asyura sebelum hijrah ke Madinah. Sedangkan, perintah puasa Ramadhan turun pada tahun kedua setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu, puasa Asyura disunnahkan.

Puasa Asyura juga sebetulnya sudah dilakukan sejak masa Nabi Musa ‘Alaihissalam sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Ta’ala karena menyelamatkan Bani Israil dari Fir’aun. Adapun beberapa keutamaan puasa Asyura sebagai berikut:

Menghapus Dosa Setahun yang Lalu
Hadits riwayat Imam Muslim menyebut puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun yang lalu.

“Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab, puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura. Beliau menjawab, puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Imam Muslim).

Puasa yang Utama
Puasa yang dilakukan di bulan Muharram, termasuk Asyura dan Tasu’a adalah puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadan. Sebagaimana dalam hadits Nabi,

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” (HR. Imam Muslim).

Dalam hadits yang lain, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya hari Asyura adalah termasuk hari-hari (yang dimuliakan) Allah. Barang siapa yang suka berpuasa, berpuasalah. (Muttafaq ‘alaihi)

Pahala yang Besar disisi Allah
Berpuasa juga menambah ketaatan dan ketakwaan kepada Allah Ta’ala. Allah menjanjikan orang yang senang berpuasa mendapatkan tempat terbaik di surga. Allah Ta’ala juga menjanjikan pahala yang besar bagi umat Islam yang rajin berpuasa.

Itulah keutamaan puasa Asyura pada 10 Muharram. Tata cara puasa Asyura sama seperti puasa sunnah lainnya yakni dimulai dengan niat dan menahan lapar dan dahaga juga hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Wallahu a’lam bishowab.

(Shabirin)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *