Kiat Memilih Produk Skincare yang Aman

Perempuan mana yang tidak menginginkan wajah bersih dan halus. Bebas dari kerutan atau bekas jerawat. Pun kulit tubuh yang sehat dan indah dipandang. Perawatan kulit (skincare) jadi pilihannya. Tapi, pastikan memilih skincare yang aman dan tidak berbahaya. Jangan tertipu janji palsu atau harga miring yang banyak ditawarkan produk-produk skincare saat ini.

Anda harus cerdas dan tepat dalam memilih skincare yang aman. Kenali setiap produk yang ditawarkan, baik itu mencermati langsung di kemasan produk tersebut, atau dari pengalaman orang yang pernah memakainya.

Nah, berikut ini beberapa kiat yang bisa dijadikan acuan.

  • Terdaftar secara resmi di BPOM.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga pemerintah yang punya otoritas terkait keamanan setiap produk obat atau makanan di Indonesia. Termasuk setiap produk skincare, dapat dikatakan aman jika produk itu mencantumkan izin dari BPOM di kemasannya. Jadi, teliti sebelum menggunakan setiap produk skincare. Yakni dengan teliti mencermati apakah produk tersebut punya izin remsi dari BPOM. Jika tidak punya izin, jangan ambil resiko untuk memakainya.

  • Punya kandungan water-based formula.

Pilih produk-produk skincare yang mengandung water-based formula. Mengapa? Karena selain membuat wajah atau kulit menjadi tidak kering, juga sangat baik untuk tubuh manusia yang sebagian besarnya mengandung air. Produk skincare dengan kandungan water-based formula, akan mengurangi resiko alergi atau penolakan tubuh terhadap zat asing yang masuk.

  • Tidak ada zat berbahaya.

Setiap produk skincare yang aman tidak memiliki zat-zat berbahaya bagi kulit. Contohnya, aman dari steroid, hydroquinone, atau merkuri. Selain mengetahui jenis zat- zat berbahaya bagi kulit, ada cara yang lebih praktis mengenali apakah produk tersebut aman atau tidak. Caranya, hindari skincare yang berbau menusuk atau aroma seperti logam, dan berwarna mencolok. Ketika digunakan, terasa gatal, mengelupas, dan kulit terlihat menipis. Jika ini dialami, segera hentikan pemakaiannya.

  • Tidak menimbulkan ketergantungan.

Produk skincare yang aman tidak membuat pemakainya menjadi tergantung. Artinya, jika produk itu tidak lagi digunakan, maka tidak ada efek samping yang berbahaya. Seperti kulit di wajah menjadi rusak, muncul jerawat, atau kulit terlihat kusam dan kering.

Inilah beberapa kiat memilih produk skincare yang aman. Semoga kita semakin cerdas dan teliti sebelum menentukan pilihan produk skincare apa yang hendak digunakan. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *