Santri APW DT Ajarkan Budaya DT pada Anak Desa Cibeureum

Area Wisata Giri Wening di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dipilih Santri Akhlak Plus Wirausaha untuk menggelar kegiatan bersama anak-anak Desa Cibeureum. Para santri yang sedang menjalani Pekan Khidmat Masyarakat (PKM) tersebut, memberi edukasi tentang kesehatan dan Budaya DT.

“Sebelum memulai kegiatan, kami mengajarkan cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang benar. Lalu mulai perjalanan dari asrama dengan berjalan kaki ke Giri Wening,” kata Galih, Ketua Kegiatan PKM, pada Selasa (13/8).

Ia juga menyampaikan, tujuan diadakan kegiatan ini ialah untuk menumbuhkan sikap yang baik, peduli pada kesehatan dan lingkungan. “Diharapkan anak-anak tidak hanya peduli pada kesehatan, tapi juga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kami juga memperkenalkan Budaya DT, salah satunya TSP yaitu Tahan dari buang sampah sembarangan, Simpan sampah pada tempatnya, dan Pungut sampah insya Allah sedekah,” tuturnya.

Sebanyak 13 anak mengikuti kegiatan tersebut. Mereka tampak antusias mendengarkan setiap instruksi yang diajarkan oleh para Santri APW. “Karena hari ini sebagian ada yang bersekolah, jadi yang bisa ikut dalam kegiatan hanya 13 anak. Terdiri dari 10 ikhwan (laki-laki) dan tiga akhwat (perempuan),” jelasnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan permainan Perang Badar. Anak-anak dibagi menjadi dua kelompok. Mereka memperebutkan bendera lawan dengan menggunakan plastik yang telah diisi air senjata. Kelompok yang berhasil merebut bendera lawan, kelompok itulah yang menjadi pemenangnya. Galih mengungkapkan, hikmah dari kegiatan tersebut ialah mengajarkan anak-anak pentingnya sportifitas, kekompakan, pantang menyerah, dan yang terpenting tetap menjaga kebersihan lingkungan. (Siti Fatimah)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *