Cara SMP DTBS Putra Cetak Generasi Bertauhid

Berbagai cara dilakukan Santri SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra untuk dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, salah satunya ialah dengan tilawah bersama. Musyrif SMP DTBS, Muhammad Adi Abdullah, mengatakan tilawah Quran merupakan cara untuk menyempurnakan iman, serta mampu meningkatkan semangat belajar para santri.

“Tilawah Quran merupakan mediasi untuk menyempurnakan iman, menguatkan tauhid kita kepada Allah SWT. Kegiatan ini dapat menambah rasa cinta terhadap Quran, merindukan untuk membaca al-Quran, yang insya Allah menjadi pendorong semangat santri untuk terus belajar. Apalagi kegiatan ini juga diyakini menjadi penerang dalam hidup kita setelah ajal menjemput,” tuturnya, pada Rabu (14/8).

Selain meningkatkan keimanan para santri, kegiatan ini merupakan cara untuk mengevaluasi bacaan santri, sekaligus cara bersyukur atas segala nikmat yang sudah dicapai SMP DTBS. “Kegiatan diikuti oleh seluruh Santri SMP DTBS Putra, Kelas VII, VIII, dan IX, tanpa terkecuali. Mereka ditempatkan dalam titik-titik yang berbeda. Ada yang di asrama, ada juga yang di masjid, yang terpenting serempak pada jam yang sama,” ujarnya.

Adi menyampaikan, sebagaimana yang diajarkan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), al-Quran harus dijadikan sahabat yang menemani setiap hari. “Milikilah al-Quran yang praktis bisa dibawa ke mana-mana. Sehingga dengan mudah bisa kita baca, dan kita tadaburi isinya. Kita bisa berlama-lama bersama ponsel kita, betah membolak-balik sosial media, meski tidak begitu perlu. Maka, semestinya kita jauh lebih rajin membuka-buka al-Quran, yang jelas-jelas isinya adalah firman Allah SWT,” katanya.

Ia juga menginginkan, selain mencetak generasi yang Qurani, SMP DTBS juga diupayakan untuk bisa membawa tren baru di kalangan remaja untuk senantiasa membaca al-Quran.

“Kebahagiaan dan kemenangan hanya ada di tangan Allah SWT, dan cara mendekati salah satunya dengan menjaga komunikasi kepada Allah SWT. Semoga Allah menggolongkan kita sebagai orang-orang yang akrab dengan al-Quran, dan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin,” katanya. (M. Elgana Mubarokah)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *