Santri Dauroh Qolbiyah Angkatan 88, Siap Menempuh Pendidikan

Para Santri Program Dauroh Qolbiyah (DQ) Angkatan ke 88 sudah memasuki babak baru. Setelah melewati fase penyeleksian, kini para santri sudah memasuki tahap wawancara. Adam, salah seorang Musrif DQ mengatakan, total santri yang daftar ada 57, terdiri dari 27 ikhwan, dan 27 akhwat. Rencananya, Santri BQ ini akan menempati dua lokasi, ikhwan di Daarul Hikam, dan Akhwat di Gedung Wakaf Daarut Tarbiyah.

“Totalnya 57, masing-masing 27. Nantinya mereka akan ditempatkan di lokasi berbeda, tapi tetap pas waktu kegiatannya di satu waktu. Sekarang lagi masuk tahap wawancara, bagaimana kesiapan mereka, keunggulan yang sudah di bawa, dan lain-lain,” Kata Adam, Rabu, (26/6).

Berbagai latar belakang para Santri BQ, rata-rata memiliki alasan yang sama mengikuti program ini, yaitu ingin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Adam mengatakan, mereka memilih DT karena DT sangat representatif dalam mencari ilmu agama.

“Rata-rata peserta yang datang ke sini pengen mencari ilmu agama, lebih memantapkan lagi ibadah pada Allah SWT. Banyak yang bilang jauh dari agama, sekarang coba memperbaiki diri, tentunya ingin memantapkan ilmu agama. Ada juga yang katanya ingin berbakti sama orangtua, maksudnya biar orang tuanya bangga dengan anaknya sebagai santri DT,” katanya.

Atas dasar latar belakang yang berbeda, menurutnya, program yang akan diselenggarakan untu para santri baru ini, harus membuat para santri berada pada posisi yang sama, meskipun banyak hal yang berbeda. Adam menjelaskan, pekan pertama akan digelar orientasi untuk pengenalan budaya yang ada di  DT. Mulai dri BRTT, Karakter Baku (Baik dan Kuat), sampai nanti ada penguatan mental oleh SSG (Santri Siap Guna) DT.

“Jadi disamaratakan dulu, di satu frekuensikan dulu. Biar seirama gitu. Dibentuk dulu, karena ada banyak budaya di DT yang harus diikuti dengan perasaan bangga, dan tidak dengan kekecewaan. Makanya ada penggemblengan dulu,” jelasnya.  (Elga)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *