Program DQ DT Beri Kesempatan Santri Perbaiki Diri

Program Dauroh Qolbiyah (DQ) merupakan program pesantren mukim selama satu bulan, untuk usia 17 hingga 40 tahun di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT). Program ini paling diminati umat, dan telah meluluskan ratusan santri per tahunnya. Pasalnya, program ini menjadi media para santri untuk belajar ilmu tauhid, membangun Karakter Baik, dan kecintaan kepada Allah.

Hal seperti ini banyak diungkapkan oleh para santri yang sedang menuntut ilmu menjadi Santri Dauroh Qolbiyah (DQ), maupun alumninya. Salah Satunya oleh Sandy (25) warga Bekasi yang merupakan Santri DQ angkatan ke 92. Ia mengtakan bahwa tujuan mengikuti program pesantren DQ untuk merubah diri, dan sebagai bekal ketika menjadi imam keluarga.

“Saya memilih belajar di Daarut Tauhiid khususnya pada Program Dauroh Qolbiyah (DQ), pertama, saya ingin mengubah diri jadi lebih baik, bertaubat, dan perbaiki ibadah. Kedua, saya dua bulan lagi akan menikah, sebelum saya sibuk mempersiapkan pernikahan, maka saya terlebih dahulu mempersiapkan diri, karena dengan menikah, otomatis saya akan menjadi imam di keluarga. Jadi harus punya dasarnya dulu secara akhlak,” jelas Sandy, ketika dijumpai di Aula Muslimah Center, pada Kamis (5/12).

Program Dauroh Qolbiyah (DQ) DT memiliki tujuan yang mengarah pada peningkatan ketauhidan dan karekter umat. Pertama, membentuk pribadi santri yang memiliki akidah bersih, ibadah yang benar, dan berakhlak mulia. Kedua, melahirkan santri yang ahli zikir, fikir, dan ikhtiar.

Ketiga, membentuk santri yang memiliki Karakter BAKU (Baik dan Kuat). Keempat, mampu mengaplikasikan pembiasaan ibadah, dan tata cara hidup yang lebih islami. Kelima, memiliki pemahaman Islam dasar, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun juga bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *