Santri Eco Perkuat Hafalan, Inilah yang Dilakukan

Memiliki anak-anak yang saleh dan salehah adalah impian setiap orangtua. Bagaimana tidak, Rasullullah sendiri telah mengabarkan bahwa setiap amal yang dikerjakan manusia akan terputus oleh kematian, kecuali tiga hal. Yakni ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, dan anak-anak saleh yang selalu mendoakan orangtuanya. Maka, wajar jika banyak orangtua yang berlomba-lomba memberikan pendidikan terbaik untuk buah hatinya. Salah satu pendidikan yang dianggap baik oleh orangtua adalah pendidikan di pondok pesantren.

Di balik dinding masjid yang tertembus oleh dinginnya udara pagi di Eco Pesantren, sayup-sayup terdengar lantunan ayat-ayat suci al-Quran. Suara itu datang dari puluhan santri Eco Pesantren yang sedang berusaha menghafal al-Quran saat melakukan halaqoh di Masjid Rahmatan Lilalamim Eco Pesantren, Bandung.

Resa Kirom, salah seorang musyrif Eco Pesantren menuturkan, saling simak itulah yang menjadi kebiasaan mereka. Untuk menambah dan memeperkuat hafalan, selain setoran kepada ustaz pembimbing masing-masing, mereka juga dianjurkan untuk saling menyimak hafalan satu sama lain setiap halaqoh al-Quran dimulai, bahkan saat diluar jam halaqoh.

Deti Juariyah, salah seorang wali santri, mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya melihat anak-anak mereka berada dalam lingkungan yang baik dan berkumpul dengan orang-orang yang saleh.

“Bahagia ya melihat anak-anak  berkumpul dengan orang-orang yang saleh. Semoga mereka selalu diberi kesehatan, jadi bisa fokus untuk murajaahnya, sampai lulus. Aamiin,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rita, “Barokalloh fiikum, semoga Allah limpahkan kemudahan dan menguatkan hapalannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *