Santri SMP DTBS Rasakan Hikmah Menghafal al-Quran

Santri mulai dari kelas VII (tujuh) hingga kelas IX (sembilan) SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putri, melakukan setoran hafalan ayat suci al-Quran kepada musrifahnya di Saung Zamzam depan Asrama Raudhoh SMP DTBS Jalan Geger Kalong Girang Baru No. 11 Sukasari Kota Bandung. Kegiatan seperti ini sering dilakukan setiap harinya, keti selepas Ashar sampai menjelang adzan Magrib.

Mesti ayat-ayat hafalan yang disetorkan oleh para santri tidak banyak satu juz, namun setiap santri selalu istiqomah dalam mengfal ayat-ayat al-Quran. Bagi santri yang sudah hafal 10 ayat atau satu halama al-Quran bisa langsung disetorkan kepada musrifahnya untuk dites benar atau salahnya dalam melantunkan hafalannya.

Anissa salah satu santri kelas XI SMP DTBS Putri mengungkapkan kesannya ketika menghafal ayat-ayat al-Quran, “dulu pertama saya masuk sekolah di sini, sempat gugup dan kesulitan ketika menghafal al-Quran, karena saya biasanya kalau menghafal sesuatu harus dalam keadaan tenang, seperti di malam hari. Tetapi sekarang sudah kelas sembilan, saya sudah terbiasa mengahafal dalam keadaan ramai, karena sudah diberitahu metode menghafal yang benar dan cepa,” ungkapnya pada Senin (7/10).

Anissa juga menambahkan bahwa dirinya sekolah disini bukan tampa alasan dan bukan karena keinginanan orangtuanya semata. Ia Ingin menjadi anak yang salehah sebagai wujud kasih sayangnya kepada kedua orangtuanya.

“Memiliki anak-anak yang saleh dan salehah adalah impian setiap orangtua. Bagaimana tidak, Rasullullah sendiri telah mengabarkan bahwa setiap amal yang dikerjakan manusia akan terputus oleh kematian, kecuali tiga hal. Yakni ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, dan anak-anak saleh yang selalu mendoakan orangtuanya,” tambahnya

Menurutnya, sebelumnya setelah lulus SD langsung memilih sekolah di SMP DTBS Putri, dan keinginannya sekolah di lembaga pendidikan Daarut Tauhiid sangat di dukung oleh orangtuanya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *