SD DT: BTQ Virtual, Cara Menyenangkan Belajar Al-Quran

Baca Tulis Quran atau biasa dikenal dengan singkatan BTQ bertujuan melihat kemampuan dan memberikan materi mengenai Quran. Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing oleh guru tahfiz untuk mempelajari cara membaca al-Quran atau Iqro yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah tajwid dan fashohatul lisan (makhorijul huruf dan sifat huruf).

Kegiatan BTQ Virtual ini dilakukan secara terjadwal dari masing-masing kelas. Pelaksanaannya, ustadz akan melakukan video call secara langsung terhadap siswa sesuai jadwalnya.

“Program BTQ Virtual merupakan salah satu program pendampingan siswa untuk memperbaiki bacaan al-Quran (tahsin). Karena sifatnya “tahsin”, maka harus dilakukan pengecekan secara langsung. Ketika pembelajaran daring seperti saat ini, Program BTQ Virtual tetap dilaksanakan menggunakan media aplikasi WhatsApp melalui video call secara personal dengan tujuan agar program ini tetap bisa tercapai,” ujar Qory Anwar, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Kesiswaan.

Qory melanjutkan, meskipun terlihat sedikit merepotkan, tapi ternyata program ini terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan tahsin siswa. Menumbuhkan semangat belajar al-Quran dan menjadi salah satu KBM favorit para siswa SD Daarut Tauhiid. (Taufik)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *