SD DT: November Bulannya Tangguh

Di Daarut Tauhiid (DT), mulai dari PG & TK hingga SMA-SMK menggunakan kurikulum yang diberi nama Kurikulum Khas (KurKhas) DT. Tidak terkecuali di SD DT pun menggunakan kurikulum ini.

Kurkhas DT merupakan integrasi antara kurikulum pesantren dan kurikulum nasional. Maka, akan ada tema-tema besar setiap bulannya. Seperti terlihat pada bulan Oktober lalu, tema besarnya yaitu “Tawadhu”.

Bulan ini (November), tema besarnya adalah “Tangguh”. Jadi, setiap kegiatan dan aktivitas kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan pada bulan November ini, semua bertujuan untuk pembentukan atau pengenalan karakter tangguh.

“Tangguh merupakan karakter yang sangat penting untuk ditanamkan pada siswa sejak dini. Menyiapkan siswa sebagai santri yang tangguh, dan sifat tangguh ini pun harus dimiliki setiap muslim,” ujar Qory Anwar, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan SD DT.

Bentuk penerapan dari tema besar tangguh ini di antaranya dapat menyelesaikan permasalahan sendiri, baik dengan teman atau pun guru dengan cara meminta maaf. Lalu, pantang menjadi beban dan pantang menyerah. Siswa tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan siswa dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan tanpa membebankan temannya. (Hamzah)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *