SMK Daarut Tauhiid Selenggarakan Simulasi ANBK

Bandung – Hari Senin (30/8), SMK Daarut Tauhiid melaksanakan kegiatan simulasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) sebagai sarana mempersiapkan penilaian akhir bagi santri kelas akhir.

ANBK ini merupakan pengganti dari UNBK yang pernah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya, yang pada tahun ini berubah nama menjadi ANBK dan juga ada beberapa aspek penilaian yang berbeda.

Deni Suganda selaku Teknisi ANBK SMK Daarut Tauhiid ketika diwawancarai oleh kami menyampaikan, “Alhamdulillah pada hari ini di SMK Daarut Tauhiid sedang dilaksanakan simulasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer), dimana ANBK ini merupakan pengganti dari UNBK yang pernah dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya.”

Ia juga menambahkan, “ANBK ini untuk di SMK Daarut Tauhiid diikuti oleh siswa pilihan sebanyak 48 siswa, dan siswa yang mengikuti ANBK ini dipillih secara random atau acak yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan, dan kita sebagai penyelenggara hanya melaksanakannya. Untuk persiapannya hampir sama dengan persiapan UNBK, dan alhamdulillah untuk SMK Daarut Tauhiid ini insyaAllah kita sudah siap.”

Deni juga mengungkapkan, “Untuk teknis pengerjaannya sendiri sebetulnya sama saja dengan UNBK, hanya saja ANBK ini bobot soalnya lebih sulit dan lebih dominan soal-soal literasi sehingga siswa dituntut untuk lebih banyak membaca dan jeli terhadap soal-soal yang ada.”

“Pelaksanaannya sendiri untuk gladi bersih akan dilaksanakan pada 7 September dan untuk pelaksanaan ANBK akan menunggu pengumuman dari Dinas Pendidikan, karena biasanya pelaksanaanya akan dilakukan secara serentak nasional dimana akan di ikuti oleh seluruh jenjang SMK”, ungkap Deni.

Rencana kegiatan penilaian siswa secara nasional ini baru akan dimulai kembali Tahun ini, setelah pada Tahun-tahun sebelumnya tidak ada UN karena masih terhalang oleh kondisi pandemi, sehingga penilaian dikembalikan ke sekolah masing-masing. (Wahid)

 

Record: Rezki

Red: WIN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *