SMP DTBS Putri Gelar Ujian Praktik Olahraga

Setelah melaksanakan ujian tulis akhir semester, SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri menggelar ujian praktik beberapa mata pelajaran. Seperti yang dilakuakan pada Selasa (13/3), santri kelas IX SMP DTBS tengah melaksanakan ujian praktik olahraga dengan materi Senam Kesehatan Jasmani (SKJ), di Aula Arafah.

Novita, Guru olahraga SMP DTBS Putri mengatakan, beberapa olahraga yang akan diujikan ialah senam, lompat tinggi, dan renang. Novita menuturkan, santri diwajibkan mengenakan pakaian olahraga muslimah yang syar’i. Inilah yang membuat SMP DTBS Putri berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya.

“Kalau sekolah-sekolah lain, olahraga itu harus pakai celana, tapi kalau kita tidak. Ini juga menjadi bukti bahwa pakaian syar’i itu tidak membatasi gerak seorang muslimah, bahkan pada saat olahraga,” jelas Novita.

Uniknya, pada ujian praktik olahraga senam, Novita menuturkan, santri SMP DTBS Putri diwajibkan untuk membuat koreografi senam secara berkelompok. Sementara ia sebagai guru olahraga hanya menentukan jenis senam, lagu, dan musik yang akan digunakan untuk senam.

“Kalau jenis senamnya saya yang nentuin. Tapi untuk gerakan dan koreografinya mereka membuat sendiri. Cuman saya arahkan dan tidak boleh lepas dari gerakan-gerakan senam. Dari sini nanti akan dinilai dari inovasi gerakan yang mereka buat, terus kekompakan, dan powernya,” ujar Novita.

Novita berharap, dengan adanya olahraga ini, santri menjadi lebih kreatif dan memunculkan inovasi-inovasi dibidang olahraga khususnya. Menurutnya, olahraga membuat santri menjadi lebih banyak bergerak. Jika hatinya telah tergerak untuk melakuakan olahraga, maka mereka juga akan menjadi muslimah yang sehat dan kuat, baik tauhid maupun fisiknya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *