Tilawah Usai Salat Zuhur, Ramaikan Masjid Eco Pesantren DT

Para santri di Kawasan Wakaf Terpadu Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), kerap melaksanakan tausiah bersama di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamiin. Hal itu membuat nuansa islami di DT semakin terasa.

Ahmad Sanusi, salah seorang Santri SMA Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) mengatakan, aktivitas tersebut merupakan cara santri Eco Pesantren memakmurkan masjid, juga menjaga silaturahmi antar civitas. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Senin sampai Kamis, usai Salat Zuhur berjamaah itu, berjalan dengan khidmat. Ia mengatakan, selain tilawah, ia dan teman-temannya menggunakan waktu tersebut untuk menghafal, atau setoran hafalan al-Quran.

“Waktunya biasa zuhur, di sana kita bisa banyak dapat ilmu, sekalian menghafal, dan silaturahmi. Saya selalu memanfaatkan momen ini untuk meghafal, mengulang kembali kesalahan saat membaca al-Quran,” kata Sanusi, pada Kamis (12/9).

Dalam kesempatan tersebut, biasanya para santri benar-benar fokus berdoa dan konsen terhadap apa yang akan dilakukannya ke depan. Sebab, selesai membaca, lanjutnya, para ustaz dan musryif akan memberikan motivasi lebih untuk dapat menikmati proses belajar di lingkungan DT.

“Anggap saja ngaji ini sebagai bentuk mengelola kesabaran saya. Saya harus melawan rasa malas, kantuk, untuk mendapatkan rida Allah. Mudah-mudahan selalu berkah,”ujarnya.

Sanusi juga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Eco Pesantren harus benar-benar dapat dimanfaatkan untuk perubahan diri. Ia berharap, para santri bisa lebih optimal dalam mengasah keilmuan dan berlatih mendekatkan diri pada Allah SWT.

“Harus dijadikan ajang untuk perubahan dalam diri, apa pun kegiatannya, tentu yang positif, akan kita dorong untuk terlaksana. Kita adalah garda terdepan mengawal kemakmuran masjid, semoga dengan kegiatan rutin ini, semua hajatnya santri di Eco Pesantren bisa terwujud,” katanya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *