Tingkatkan Kualitas, STAI Daarut Tauhiid Ikuti Pelatihan Kepenulisan SEO

Bertempat di ruang kelas SMK DTBS Gegerkalong Ponpes Daarut Tauhiid (DT) Bandung,  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DT mengikuti Pelatihan Kepenulisan SEO Berita dan Artikel. Pelatihan dikhususkan bagi reporter dan kontributor setiap lembaga yang berada di lingkungan Yayasan DT, Selasa (16/3).

Acara yang berlangsung secara offline dan disiarkan langsung via Zoom Meeting bagi para kontributor di luar Kota Bandung ini, menghadirkan Yusuf Wijanarko, wartawan dari Media Pikiran Rakyat Bandung sebagai pematerinya.

Yusuf menyampaikan tentang Search Engine Optimization (SEO) yang merupakan tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Yusuf memaparkan ada tiga kunci yang harus muncul dalam penulisan artikel, yakni place (tempat), thing (benda), people (tokoh).

“Sebaiknya mencantumkan nama lengkap untuk tokoh, tidak julukan maupun nama lainnya. Lalu ada 8 poin standar minimum SEO on site, di antaranya minimum 350 kata untuk satu artikel,” ujarnya.

Teknik lainnya, lanjut Yusuf, setiap tulisan maksimal punya 5 kata kunci yang muncul dalam satu paragraf dengan posisi dibagi rata, yakni di awal, tengah, dan di akhir. “Idealnya 80-90 karakter untuk judul serta maksimal dua kalimat dalam satu paragraf agar tidak terlalu panjang,” jelasnya.

Yusuf juga memberikan saran terkait waktu-waktu prime time untuk posting berita atau artikel. Waktunya adalah jam 07.45 – 08.05 WIB, 12.00 – 13.00 WIB, 18.00 – 21.00 WIB dengan pilihan hari Selasa & Rabu pada saat jam makan siang. (Caca)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *