Upgrading Digital Marketing, Upaya Pesantren DT Hadapi Era Digital

Era digital telah mendominasi dunia. Khususnya di masa pandemi ini, yang mana digitalisasi menjadi sarana utama dalam segala bidang kehidupan. Secara data pun masyarakat pengguna jaringan online dan media sosial terus meningkat, tak terkecuali di Indonesia.

Menyikapi fenomena tersebut, tim Syiar dan Renbang Lembaga Pesantren Daarut Tauhiid (DT) mengadakan upgrading Digital Marketing sebagai bekal keilmuan SDM dalam menjalankan tugas di lembaga. Upgrading dilaksanakan pada Jumat (15/1) bersama Taufik Ardi, konsultan digital marketing dan sosial media advertiser.

Sebelum materi dimulai, kegiatan diawali sambutan dari Yana Nurjaman selaku Sekretaris Lembaga Pesantren. Yana menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya kegiatan ini, termasuk pentingnya mengikuti upgrading untuk kemajuan lembaga.

“Harapannya upgrading ini dapat diikuti dari awal sampai akhir oleh seluruh tim Syiar Pesantren. Semoga dengan adanya upgrading ini menjadi syariat lebih banyak lagi jamaah yang mengikuti program-program di Pesantren Daarut Tauhiid,” ujarnya.

Kegiatan upgrading rencananya dilaksanakan secara rutin selama enam bulan, yakni setiap Jumat di tiap pekannya. Pada pertemuan pertama ini, materi yang disampaikan mengenai pengenalan digital marketing dan langkah-langkah digital marketing.

Di antara langkah digital marketing yaitu membentuk tim, menentukan target pasar, membuat produk yang akan dipasarkan, memiliki website/landing page, memilih sumber traffic yang akan digunakan, merancang funnel yang optimal, menulis konten yang konsisten, membangun database pelanggan, dan mendongkrak dengan influencer.

Dari pertemuan kali ini, selain mendapatkan bekal ilmu pengetahuan secara teori, para peserta pun diminta aktif dengan memberikan beberapa penugasan yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Penugasan tersebut diharapkan mendorong para peserta untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat, sehingga membantu meningkatkan aktivitas program yang sedang berjalan di Lembaga Pesantren. (Mumaiyiz)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *