Ustaz Bendri Jausyarrohman: Orangtua Harus aktif saat Pembelajaran di Rumah

Ustaz Bendri Jausyarrohman mengatakan, pada masa pandemi ini perhatian penuh terhadap pendidikan sangat penting. Program belajar di rumah harus dimanfaatkan orangtua untuk bisa memantau secara signifikan perkembangan anak dalam memahami materi yang diberikan secara daring.

Bukan hanya soal kegiatan saat belajar di rumah saja, ustaz menyarankan orangtua atau wali berperan aktif dalam setiap proses tahapan si anak. Ustaz mencontohkan, ketika si anak sedang mencoba memahami satu materi, orangtua harus memiliki alternative lain agar si anak tidak stress atau terbebani saat mencoa menyelesaikan tugas.

“Ada pun yang perlu dipikirkan adalah bagaimana anak merasa nyamam belajar di rumah. Ada banyak keluhan soal bagaimana mengontrol anak supaya ketika daring tidak lepas kendali langsung bermain gadget, artinya untuk mengurangi efek itu, orangtua harus aktif memberikan dukungan, atau membantu guru membuat suasana belajar menjadi mengasyikan,” katanya, dalam kegiatan virtual SMP AIS DT bertema Parenting Pendidikan yang diunggah di kanal Youtube, Jumat (7/8).

Ustaz menyebutkan formula macam itu, akan membuat si anak tetap merasa dipantau dengan kehadiran orangtua langsung sebagai pengganti guru di sekolah.

“Kadang ada yang nyaman belajar dengan guru ada yang tidak, ada yang lebih klop belajar dengan orangtuanya langusng, dan di tengah Pandemi ini kemugkinan kenyamanan bersama orangtua harus di bangun, karena hanya orangtua yang langsung menyaksiakan upaya anak dalam mengenyam pendidikan di tengah masa Pandemi,” ujarnya.

Ustaz yang terkenal dengan berbagai bukunya ini, menghimbau agar perhatian terhadap dunia pendidikan bukan hanya dibebankan pada seorang praktisi, namun lingkungan keluarga pun harus secara penuh memperhatikan hal tersebut.

“Keluarga tempat atau lingkungna pertama bagi si anak, maka buatlah lingkungan ini senyamapn mungkin dan bangun atmosfer perhatian terhadap apa yang sedang anak alami dan lakukan,” jelasnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *