Ustaz Fahrudin Pimpin Wisuda Dauroh Qolbiyah ke 87

Pesantren Daarut Tauhiid (DT) menggelar wisuda bagi Santri Mukim Dauroh Qolbiyah (DQ). Wisuda kali ini tidak dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren DT, yaitu KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

“Memang hari ini Aa Gym sedang berada di tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh. Biasanya Aa Gym yang memandu surat cinta santri, karena tidak ada, jadi saya yang memandunya,” tutur Ustaz Fahrudin, Direktur Pesantren DT, di Aula Daarul Hajj, Jalan Gegerkalong Girang No. 32, Bandung, Jumat (26/4).

Fahrudin mengungkapkan, masih ada orangtua santri tidak menyadari perubahan anak mereka. Menurutnya, santri dan orangtua harus dipandu untuk mengungkapkan isi hatinya. Adam, Musyrif DQ ke 87 mengatakan, dari 35 santri DQ, hanya tujuh santri yang orangtuanya terlambat hadir di wisuda kali ini,

“Walaupun ada beberapa orangtua santri terlambat hadir, dengan dipandunya surat cinta oleh Ustaz Fahrudin, para santri terlihat seolah-olah merasakan kehadiran orangtuanya, kalau yang perempuan (akhwat), mereka berpelukan satu sama lain, sambil meresapi surat cinta yang nanti akan diberikan kepada orangtuanya,” kata Adam.

Ia juga menyampaikan, hadirnya orangtua santri akan menambah semangat para santri ke depannya, karena ada nilai spiritual dan ketersambungan batin. “Kami terus mendorong para santri untuk tetap semangat. Para orangtua santri harusnya menyadari bahwa santri telah berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi mereka, bahkan semalaman menulis surat cinta untuk orangtuanya,” jelasnya. (Toni Antonius)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *