Virtual Fieldtrip PG & TK Daarut Tauhiid bersama PT KAI

Visitor Time adalah program baru yang digagas PG & TK Daarut Tauhiid (DT) di semester dua semasa pandemi. Untuk program kali ini, PG & TK DT bekerja sama dengan PT KAI menyelenggarakan kegiatan virtual fieldtrip. Kegiatan dilakukan secara daring via Zoom dan streaming YouTube PG & TK DT, diikuti seluruh siswa yang dipandu langsung oleh Sucianti dan Cici serta Kak Indri dari pihak Edutrain PT KAI, Senin (22/2).

“Visitor Time ini merupakan program yang mana PG & TK Daarut Tauhiid bekerja sama dengan tokoh/pihak luar atau orangtua siswa yang menjadi pemateri kepada anak-anak. Tapi anak-anak TK itu kan masya Allah tidak mungkin hanya mendengarkan. Jadi, kita kemas kegiatan kali ini dengan kegiatan virtual fieldtrip dan tetap mendatangkan pemateri dari PT KAI, khususnya dari Edutrain,” kata Risti selaku Waka Kurikulum dan Siswa PG & TK DT.

“Ada pun kegiatan filedtrip merupakan sarana memberikan edukasi kepada anak-anak tentang kendaraan darat, khususnya kereta api dari pakarnya serta memberikan stimulus kepada anak bahwa saat pandemi ini bisa melalukan fieldtrip meskipun secara virtual,” lanjut Risti.

Selama kegiatan, anak-anak membawa perlengkapan yang telah dipersiapkan sebelummya. Mereka juga diminta bermain peran yang dapat mengasah kemampuan sosial emosional pada anak.

“Anak-anak ada yang bermain peran. Misalnya anak membawa tas dan perlengkapan ketika akan pergi naik kereta, serta membuat barisan kursi sebagai keretanya. Memang di TK bermain peran menjadi hal yang sangat penting karena anak TK sukanya bermain dengan meniru,” jelas Risti.

Menghadirkan PT KAI, kegiatan diagendakan berkesinambungan dengan tema yang sedang berlangsung di PG & TK DT yaitu tema kendaraan. Para siswa akan mendapatkan edukasi tentang kendaraan darat, khususnya kereta api.

Sebelum kegiatan virtual fieldtrip dimulai, para guru mengajak anak-anak untuk melihat video kereta api dan bernyanyi bersama yang dipandu oleh Cici Karmila. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang kereta api, penayangan naik kereta api, serta alat-alat yang ada di dalam gerbong kereta api ketika dalam kondisi darurat. (Pipit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *