Walau via Daring, PTS PKBM DT Berjalan Lancar

Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) program pendidikan kesetaraan di PKBM Daarut Tauhiid (DT) dilaksanakan secara daring. Kebijakan ini diambil sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Proses Penyetaraan Lulusan Program Paket A, B dan C selama masa darurat Covid-19.

Walaupun dilaksanakan secara daring, PTS yang berlangsung dari tanggal 6 dan 7 Maret itu berjalan lancar.

“Alhamdulilah kita sudah melaksanakan PTS jenjang paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA yang berlangsung lancar. Walaupun ada beberapa kendala seperti masalah jaringan internet tetapi dapat diatasi dengan baik,” ujar Dewi, salah seorang fasilitator PKBM.

Menurut Dewi, kegiatan PTS daring ini berjalan lancar karena PKBM DT sebelumnya telah memiliki pengalaman. “Ini bukan kali pertama kita mengadakan PTS secara online, sehingga kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang,” katanya.

Khairati, Ketua PKBM DT mengungkapkan sebagai lembaga pendidikan non-formal, PKBM DT memiliki tolak ukur penilaian. Salah satunya melalui PTS. Siswa yang mengikutinya pun tergolong banyak.

“Ada 88 warga belajar yang mengikuti ujian PTS. Terdiri dari paket A sebanyak 19 siswa, paket B sebanyak 23 siswa, dan paket C sebanyak 46 siswa,” katanya.

Setelah selesainya PTS ini, Khairati berpesan agar para siswa tidak hanya berorientasi pada nilai. Namun, lanjut Khairati, lebih memahami hakikat pembelajaran sebagai makhluk yang diberi karunia akal oleh Allah ‘Azzawajalla. (Fajar)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *