Minggu 19/08/2018, Pukul 09.15 WIT, Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli) melaksanakan peletakan batu pertama pendirian Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang nantinya akan mengandeng Yayasan AFKN (Al Fatih Kaffah Nusantara) dan KAHIMSANI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa dan Santri Nuuwar Indonesia). MI yang terletak di Kilometer Tujuh Distrik Bintuni Kabupaten Teluk Bintuni Papua akan di bangun tiga kelas untuk tahap pertama.

Hadir dalam Acara ini ketua MUI Teluk Bintuni Syahroni Konsepa, dari unsur pemerintahan dihadiri oleh staf ahli bupati bidang Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan Bahmuddin Fimbay, serta, serta PHBI Idris Rimosan.

Sementara itu, Ketua Kahimsani Cab. Teluk Bintuni Amir Efun, S.Pd.i , menjelaskan bahwa pembangunan yang dalam rencananya akan rampung dalam 3 – 4 bulan kedepan ini, Selain melayani kepentingan pendidikan masyarakat di daerah setempat juga, akan di buka untuk seluruh masyarakat Teluk Bintuni yang ingin menimba ilmu.

” Melihat letak sekolah yang begitu jauh jika kita lihat dari Km7 ini, dimana masyarakat sekitar harus menempuh jarak ke kota untuk menimba ilmu, maka kami harapkan dengan di bangunnya sarana pendidikan disini, maka dapat memudahkan.

Terlebih lagi sekolah yang berbasis keagamaan. Namun, untuk seluruh masyarakat Bintuni yang berminat untuk bersekolah disini, kami akan tetap melayani, karena diperuntukkan untuk umat, ” ujar pria yang beprofesi sebagai tenaga pengajar itu.

Ditanya mengenai ukuran bangunan, Amir juga mengatakan bahwa, “Sesuai dengan rancangan bangunan, maka tiap lokal akan dibangun dengan ukuran 5×8 meter sebanyak tiga lokal, teras 1.5 m, yang di dirikan di atas tanah yang di wakafkan Bapak Gunadi sekeluarga seluas 100×60 Meter, selain ruangan kelas juga dalam rencana kedepan akan turut di bangun kantor serta lapangan olahraga, ” jelasnya.

Meminta tanggapan masyarakat, Riswan Bauw oksalah seorang tokoh pemuda, juga selain memberikan apresiasi turut menegaskan komitmennya untuk membantu mengawal pembangunan hingga selesai. ” Kami, terutama sebagai masyarakat asli Teluk Bintuni, khususnya muslim papua menyampaikan apresiasi serta terimakasih kami kepada DT Peduli.

Karena dengan adanya perhatian dari yayasan kemanusiaan maupun lembaga sosial seperti ini, terutama memperhatikan perkembangan pendidikan untuk anak-anak kami kedepan. Saya mewakili masyarakat terutama muslim papua menegaskan untuk membantu mengawal pembangunan sarana pendidikan ini hingga selesai, “ungkap beliau.