Progres Wakaf Masjid 3 in 1

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Program Wakaf Masjid 3 in 1 masih bergulir, menjadi kesempatan untuk memperoleh lipatan pahala yang mengalir abadi hingga akhirat. Pembangunan ketiga Masjid DT, yakni Masjid Daarut Tauhiid (DT) Eco Pesantren, Masjid DT Serua, dan Masjid DT Batam, yang terangkum dalam program tersebut masih berjalan.

Secara garis besar, pembangunan Masjid DT dibagi menjadi tiga tahapan, yakni pertama perizinan, kedua perencanaan, kemudian ketiga pembangunan fisik. Pembangunan aset wakaf sosial yang berada di tiga wilayah berbeda itu, berada di tahapan pembangunan berbeda.

Pembangunan Masjid DT Eco Pesantren sudah hampir rampung pada pertengahan April. Sementara itu, Pembangunan dua masjid lainnya, masih proses menuju pembangunan fisik.

Masjid DT Eco Pesantren

Pembangunan fisik masjid yang juga bernama Masjid Rahmatan Lil Alamin ini sudah mencapai 96.19 persen, per 18 April 2018. Artinya secara keseluruhan pembangunan Masjid DT Eco sudah mencapai 97,74 persen.

Bangunan utama Masjid DT Eco sudah rampung dikerjakan. Pun, dengan aula dan facade masjid. Sementara itu, lantai tension masih dalam proses finishing. Sedangkan pekerjaan landscape mulai masih tengah pengerjaan.

Bhekti Triwahyuningtyas, Ketua Tim Monitoring dan Pengendalian Pembangunan (Monpen) DT mengungkapkan, sebenarnya pembangunan Masjid DT Eco sudah bisa dikatakan rampung 100 persen. Namun, ada beberapa item pekerjan lanscape dan bagian masjid untuk kebutuham berbagai acara, terutama acara besar, seperti Kajian Tauhid bulanan.

“Jadi kita ingin lebih mempernyaman lagi Masjid DT Eco. Ada yang ditambahkan, seperti ruang tunggu, dekat mihrab masjid diperbesar. Landscape juga. Karena kita lihat Tablig Akbar Kajian Tauhid ketika UAS dan TGB kemarin. Nah, ini biar memfasilitasi semuanya, terutama jamaah,” jelas Bhekti.

Masjid DT Serua

Pembangunan Masjid DT Serua hampir masuk ke tahap pembangunan fisik. Sampai pertengahan April, proses pembangunan masih dalam proses tawar menawar harga dengan dua pelaksana yang ditunjuk. Secara angka, Pembangunan Masjid DT Serua sudah mencapai 40 persen.

Proses peralihan dari perencanaan ke pembangunan fisik memakan waktu yang lebih lama, dikarenakan ada penyesuaian RAB yang dibuat 2017 lalu, untuk dipakai pada 2018. Dadang Sukandar, Panitia Pembangunan Masjid DT Serua mengungkapkan, pembangunan fisik ditagetkan bisa dilakukan sebelum Ramadhan.

“Penyesuaiannya lumayan besar. Karena Perencana membuat anggarannya pada 2017 lalu. Nah, tahun ini ternyata pada naik harga bahan bangunannya. Kita tawarkan hasil penyesuainnya kepada Pelaksana, membandingkan dengan harga mereka. Jika masih belum deal, nanti kita tetap laporkan kepada Monpen, bagaimana selanjutnya,” tutur Dadang, saat ditemui di Kantor Wakaf Pusat, Pertengahan April lalu.

Meskipun proses harga masih belum disepakati, lanjut Dadang, pemugaran Dome Masjid DT Serua sudah rampung dilakukan. “Proses selanjutnya, tinggal menunggu kesepakatan harga dengan Pelaksana,” ujar Dadang.

Masjid DT Batam

Proses cut and fill lahan Masjid DT Batam sudah selesai dilakukan dari Februari lalu. Saat ini, proses perencanaan masih dilakukan. Untuk mengefektifkan waktu dan sumber daya, sambil perencanaan berjalan, proses pembenahan site plan juga mulai dilakukan.

Bhekti mengatakan, pekerjaan untuk pembenahan site plan ini di antaranya, pembuatan Dinding Penahan Tanah (DPT) dan drainase laha. Hal itu dilakukan agar lahan yang sudah di-grading tidak rusak oleh aliran air.

“Itu kalau hujan, tanahnya jadi terbawa. Jadi kita harus segera membuat DPT. Nah, Drainase juga fungsinya sama, agar air bisa mengalir tanpa merusak tanah. Kalau belum ada drainase, aliran air jadi kemana-mana. Jadi ada jalan air yang tidak beraturan,” jelas Bhekti.

Wakaf Masjid 3 in 1

  1. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Pembina Wakaf DT mengatakan, pembangunan masjid ini merupakan peluang amal jariyah yang pahalanya mengalir dan rumah di surga, serta membantu salat berjamaah di tiga wilayah.

Wakaf Masjid 3 in 1 bisa langsung diantarkan ke kantor Wakaf DT di jalan Gegerkalong Girang No. 67 Bandung. Wakaf juga bisa ditransfer melalui rekening BSM; 77.66.77.66.33 atas nama Yayasan Daarut Tauhiid. Untuk informasi dan konfirmasi, bisa menghubungi call center Wakaf DT; 085 200 123 123.

Reporter: Agus Iskandar

Penulis: Agus Iskandar

Foto: Adnan

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *