Aa Gym Isi Kajian Maulid Akbar Dai se-Nusantara

Setiap orang harus punya karakter pemimpin. Memiliki tujuan dan mampu menumbuhkan rasa semangat. Selain itu, menyiapkan pemimpin masa depan merupakan hal yang harus dilakukan. Banyak di antara kita menjadikan beberapa tokoh sebagai referensi kepemimpinan.

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar pada acara Maulid Akbar Dai se-Nusantara yang diadakan secara virtual oleh Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) pada Sabtu (24/10). Aa Gym, begitu sapaan akrabnya menyampaikan karakter kepemimpinan Rasululullah yang patut dicontoh.

“Kita semua tahu bahwa kepemimpinan Rasulullah banyak diakui setiap orang. Banyak sirah yang menceritakan hal itu. Kita harus paham bahwa kemampuan memimpin itu belum tentu dimiliki setiap orang. Sehingga, tidak setiap pemimpin itu bisa memimpin. Betapa banyak karena jabatannya tidak bisa mengendalikan dirinya,” ujarnya di Kanal YouTube Ikadi TV.

Rasulullah adalah sosok pemimpin yang patut dicontoh dalam segala aspek. Meski terpisah jarak dan waktu, hingga sekarang masih banyak yang berbondong masuk Islam. Meski sudah tidak berjumpa, banyaknya orang yang masuk Islam karena karakter kepemimpinan dimiliki Rasulullah. Seperti sidiq, amanah, tabliqh, dan fatonah.

Selain itu, Aa Gym mengungkapkan hal inilah yang menjadikan Rasulullah sebagai tokoh tepat dalam hal kepemimpinan. Bukan saja diakui oleh teman, tapi oleh lawan sekali pun.

“Kehebatan pemimpin itu mampu hadir kepada seseorang dalam pikiran dan hatinya. Sehingga orang tersebut terdorong kepada cita-cita pemimpi itu. Bukan hanya itu, pemimpin selalu mengajak kepada kebaikan,” ujarnya Aa Gym.

Aa Gym juga menyampaikan pembelajaran tazkiyatun nafs perlu dilakukan setiap orang.

“Bisa dibayangkan, meski sudah wafat kepemimpinan Rasulullah tetap mempunyai daya gugah dan daya ubah yang luar biasa. Selalu mengamalkan zikir setiap waktu dalam segala urusan. Padahal beliau Rasul yang telah dijamin surga. Dari sini juga bisa ditarik kesimpulan, mengendalikan diri dan selalu Allah menjadikan tujuan agar bisa sukses memimpin,” kata Aa Gym.

Acara Maulid Akbar Dai se-Nusantara dihadari seluruh Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah Ikadi. Acara ini juga disiarkan langsung di kanal YouTube Ikadi TV yang dapat diakses oleh jamaah. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *