Aa Gym: Mata Lihat ke Makanan, Hati Ingat ke Allah

Cuaca yang terik di Kota Madinah, Arab Saudi, membuat KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), istirahat sejenak untuk makan jeruk. Tidak hanya fokus makan, Aa Gym kemudian menyampaikan hikmah, bahwa setiap melakukan apa pun, termasuk makan, hati seorang hamba harus terus tersambung kepada Allah SWT.

“Ini Aa sedang makan jeruk. Mata melihat ke jeruk, tapi hati ingat kepada yang menciptakan jeruk, yaitu Allah SWT. Aa perhatikan, betapa Allah Maha Kuasa menciptakan kulitnya, warnanya, isinya, maasyaallah,” katanya, disela-sela kesibukan membimbing Jamaah Haji KBIH Daarut Tauhiid, pada Jumat (2/8).

Aa Gym juga menegaskan, orang yang hanya sibuk makan, tanpa mengingat Allah dengan berdoa, dan memuji Allah, tentu sangat rugi. “Kalau kita hanya memakan jeruk, dan tidak ingat pada penciptanya, rugi!. Kita makan adalah ibadah. Jadi tidak cukup hanya memakan saja, tapi harus ingat pada penciptanya. Jadi, nikmatnya makan itu tidak hanya ketika makannya saja, tapi nikmatnya makan ketika juga mampu mengagumi makanan ciptaan Allah, kasih sayang Allah, jaminan Allah, dan insyaallah makannya jadi berpahala,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, pola hidup sehat itu sangat penting, karena tubuh yang sehat, tentu nyaman digunakan untuk ibadah. Salah satu makanan yang Aa Gym rekomendasikan untuk sering dikonsumsi ialah makanan yang mengandung enzim, di antaranya buah-buahan, seperti buah jeruk.

“Mudah-mudahan bagi kita mah, setiap kali makan, ilmu jadi bertambah, keyakinan kepada Allah Yang Maha Baik juga semakin bertambah. Puluhan tahun kita hidup, selalu ada saja rezeki. Tinggal perbanyak bersyukurnya saja,” katanya. (Cristi Az-Zahra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *