Aa Gym: Sambut Muharam dengan Mengasah Iman

Tahun Baru Islam yang baru saja disambut sepenuh hati oleh umat muslim, menjadi tolak ukur bagi semua umat untuk menjadi lebih baik esok lusa.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhii (DT), KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menyebutkan, kelembutan hati menjadi salah satu hal yang harus ditingkatkan.

Kelembutan adalah sesuatu yang dapat mendekatkan manusia kepada ajaran agama Islam. Sebaliknya, kekerasan dan sikap anarkis justru merugikan orang di sekitar.

Dalam tausiah yang disampaikan melalui Instagram live nya, Aa Gym mengatakan sebagai umat Islam sudah seharusnya mewajibkan di dalam diri untuk tetap bersikap lembut dalam menghadapi masalah.

“Kelembutan merupakan sesuatu yang begitu banyak makna dan hikmahnya. Jika diibaratkan bangunan akan menjadi kokoh dengan adanya air karena menjadi perekat di semua bahan bangunan. Air termasuk komponen yang paling lembut dan ternyata bisa menjadi perekat,” ujar Aa Gym, Kamis (20/8).

“Kita pun sebagai manusia ternyata terdapat air sebesar 70 persen di dalam tubuh. Kita dapat melihat air yang menyejukan, kemudian pohon, taman, aneka buah, berkah dari air. Air pula yang dapat memadamkan api yang membara, bahkan air dengan kekuatannya bisa menghanyutkan sebuah kota. Memang ada kekuatan di dalam kelembutan,” jelas Aa Gym.

Aa Gym berharap, setiap muslimin harus menyadari bahwa kesejukan dalam hidup datangnya dari kelembutan. Keberkahan memperoleh akhlak baik juga datang dari kelembutan hati.

Dalam kelembutan itulah, tutur Aa Gym, tersimpan keindahan serta kekuatan. Indonesia menjadi negara yang sangat besar jumlah umat Islam-nya tidak pernah diriwayatkan dakwah dengan kekerasan atau kekuatan bala tentara, justru datangnya dari kelembutan hati.

“Para ulama, kemuliaan akhlak dari para pedagang, keteladanan orang-orang yang mendahului beragama Islam memang berasal dari kelembutan hati, itulah yang sangat kita rindukan. Kelembutan hatilah yang menyejukkan dan dapat menggunggah hingga mengubah kita semua,” papar Aa Gym. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *