Adab Sebelum Tidur Menurut Islam

Islam telah mengatur segala sisi yang ada dalam dunia ini. Salah satu hal yang diatur dalam Islam yaitu ketika kita hendak tidur. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum tidur menurut Islam. Kebiasaan ini akan membuat tidur agar tidak hanya sekedar menjadi sarana untuk beristirahat saja, tetapi agar tidur kita lebih mulia dan terlindungi.

Pertama, Berwudhu sebelum tidur. Hal ini sesuai dengan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kedua, Berbaring pada sisi kanan. Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa, “Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322).

Ketiga, Membaca 3 Surat Terakhir Alquran. Anjuran ini dilakukan sebanyak tiga kali. Amalan ini seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadist berikut:

Dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari).

Keempaat, Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur. Kebiasaan baik sebelum tidur menurut Islam yang keempat yaitu membaca ayat kursi sebelum tidur.

Kelima, Membaca Doa Sebelum Tidur. Kebiasaan baik sebelum tidur menurut Islam yang kelima yaitu membaca doa sebelum tidur. Anjuran untuk mengamalkan sunnah ini sesuai dengan hadist dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).” Wallahu a’lam bishowab. (Shabirin)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *