Agrowisata dan Camping Ground Eco Pesantren 2, Siap Dibuka untuk Umum

Setelah proses cut and fill, Kawasan Wakaf Terpadu Eco Pesantren 2 Daarut Tauhiid (DT) siapkan lahan untuk agrowisata dan camping ground. Dua tema wisata ini diambil karena kondisi tanah yang berada di Jalan Tugu, Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat tersebut sangat cocok.

Dari ketinggian 1.100  meter di atas permukaan laut (mdpl), para pecinta wisata camping bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dengan udara sangat sejuk. Di Eco Pesantren 2 ini, para  pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Bandung dengan jelas. Bahkan keindahan pemandangan tersebut, seringkali diperlihatkan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) saat mengisi kajian langsung di sana.

Zaenal, Kepala Bagian Agrobisnis dan PJ Lingkungan Hidup Wakaf DT menyampaikan, sudah banyak fasilitas yang dipersiapkan untuk agrowisata dan camping ground di Eco Pesantren 2.

“Sudah banyak fasilitas yang kami siapkan, seperti kebun sayuran petik sendiri, edukasi budidaya sayuran, area nursery (kebun bibit), penyewaan alat camping, hiking track, tempat parkir sepeda dan lainnya,” ujarnya pada Senin (5/10).

Zaenal mengatakan, penyewaan alat camping dengan harga terjangkau ini akan terbayar puas dengan pemandangan alam Kota Bandung, lengkap dengan panorama sunset dan sunrise yang sangat indah. Untuk makanan juga disediakan warung yang menjajakan jajanan tradisional/khas Wakaf DT, seperti nasi liwet eco, nasi tutug oncom, jahe hangat, tahu susu, kacang rebus dan lainnya.

Namun, esensi dari agrowisata dan camping ground di Eco Pesantren 2 yang dibuka untuk umum ini, bukan sekadar wisata. Lebih dari itu, wisatawan di Eco Pesantren 2 memiliki nilai lebih, yakni pengunjung ikut serta memakmurkan aset wakaf dan menyejahteraan umat. (Alma)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *