Baitul Quran Kembali Buka Pendaftaran Program STQ

Unit Baitul Quran (BQ) Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (Ponpes DT), kembali membuka pendaftaran STQ (Santri Tahfidz Quran) mukim. Pendaftaran STQ untuk angkatan ke-16 ini membuka program STQ Takhossus dan STQ Mahasiswa. Pendaftarannya telah dibuka sejak Kamis (2/1) dan akan ditutup pada Selasa (31/3).

Pendaftaran program STQ dapat diakses melalui dua cara yaitu luring dan daring. Menurut Adam, salah seorang musyrif Ponpes DT, kebanyakan pendaftaran dilakukan secara daring, dengan langsung mengakses ke tautan Ponpes Daarut Tauhiid. 

“Pendaftar yang datang langsung ke kantor atau offline sampai hari ini ada 10 orang, selebihnya didominasi dengan yang online,” ungkapnya pada Rabu (8/1).

Program STQ DT bertujuan  menciptakan pribadi yang hafal al-quran 30 juz mutqin, bertauhid, berakhlaqul karimah, dan bermanfaat bagi lingkungan. Durasinya, selama satu hingga tiga tahun. Selama satu tahun, para santri akan mendapatkan materi Diniyah, di antaranya  akidah, fikih, ibadah, Ulumul Quran, Manajemen Qolbu, serta akhlak, ilmu tajwid, dan bahasa Arab. Program STQ tahun 2020 akan dimulai pada 5 Juli 2020.

Para peserta yang telah mendaftar akan mengikuti tahap seleksi sebagai syarat masuk STQ pada 9 April 2020, meliputi tes bacaan Quran (tahsin), tes hafalan Quran (tahfiz), dan wawancara untuk santri dan orangtua santri.

“Bagi peserta yang ingin melanjutkan sekolah formalnya setelah mengikuti program STQ, harus ditunda dulu. DT sendiri menyediakan program penyetaraan paket A, B, dan C bagi santri yang sudah lulus nantinya,” pungkasnya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *