Plus Minus Metode Belajar Internet Marketing Online dengan Offline

Mungkin masih ada yang bingung membedakan belajar internet marketing online dengan offline. Semoga penjelasan berikut ini bisa menghilangkan kebingungan tersebut. Tidak hanya bedanya, kita juga akan membahas plus minus atau kelebihan dan kekurangan dari kedua metode belajar itu.

Beda Online dan Offline

Berangkat dari kenyataan bahwa internet marketing atau pemasaran melalui internet merupakan ilmu yang kini jadi favorit, terutama mereka yang merintis dan bergelut di bisnis online, ilmu ini memberikan dampak menjamurnya tempat belajar atau kursus marketing online. Ada yang bersifat seperti kursus pada umumnya, ada pula yang berbasis komunitas.

Terkait bagaimana teknis atau cara para peserta memperoleh ilmu marketing online dari tempat kursus inilah yang kemudian melahirkan dua istilah. Yakni belajar internet marketing online dengan offline. Dikatakan online jika para peserta berinteraksi dengan tutor/pemateri melalui media internet (email, grup di media sosial, youtube, dan lain-lain). Jadi tidak bertatap muka langsung. Sebaliknya jika offline, pemberian materi di dalam kelas/ruangan bersama tutor dan peserta lain. Ada interaksi langsung.

Plus Minus Online dan Offline

Kelebihan belajar internet marketing online didapat dari kemudahan belajar di mana saja dan kapan pun. Sepanjang akses ke internet dapat diperoleh, kendala ruang dan waktu bisa dengan mudah diatasi. Namun, metode belajar ini punya kekurangan. Karena proses belajarnya tidak secara langsung atau menggunakan media internet, maka interaksi intensif dengan tutor atau berdiskusi dengan peserta lain, kurang optimal dilakukan. Proses belajar cenderung bersifat satu arah.

Sebaliknya, kelebihan belajar internet marketing offline, peserta dapat lebih intensif berinteraksi dengan tutor atau peserta lain. Komunikasi pun bisa bersifat dua arah. Ada pun kekurangannya, karena proses belajar di dalam kelas dan dilakukan pada waktu tertentu, maka peserta kurang leluasa mengatur kapan dan di mana ia hendak belajar.

Menyikapi plus minus belajar internet marketing online dan offline, yang sebenarnya bisa saling melengkapi, membuat banyak tempat kursus menawarkan kedua metode belajar tersebut dalam satu paket. Ada materi yang diberikan secara online, ada pula yang offline. Nah, kira-kira Anda akan pilih yang mana? (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *