Belajar Bersyukur, Noval: Setiap Orang adalah Calon Difabel

Pada dasarnya, setiap manusia yang hidup merupakan calon difabel. Hal tersebut sempat disampaikan oleh Noval Akhyar di sela-sela diskusi program pemberdayaan budidaya ikan lele.

Noval merupakan Ketua Ikatan Tunanetra Muslim PT Indonesia (ITMI) Sumatera Utara yang kini menyandang difabel sejak 10 tahun lalu.

Menurutnya, Difabel (different ability-kemampuan berbeda) merupakan seseorang yang memiliki gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi dibanding dengan orang-orang kebanyakan.

Noval mengatakan, jika melihat dalam jangka panjang maka setiap manusia adalah calon difabel, atau bahkan difabel.

“Bisa jadi kita semua adalah calon difabel, bahkan difabel tetapi tidak merasa. Semisal kita punya penyakit asam urat, diabetes hingga amputasi dan nantinya membutuhkan alat bantu jalan, difabel kan? Karena kita akan difabel pada waktunya, setiap tahun indra kita semua fungsinya akan menurun,” ujar Noval pada tim Daarut Tauhiid (DT) Peduli Sumatera Utara (Sumut).

Noval merupakan Ketua ITMI Sumut, yang bekerja sama dengan DT Peduli  Sumut dalam program pemberdayaan budidaya ikan lele untuk difabel. Noval berharap semakin banyak yang peduli terhadap difabel.

“Sesuai namanya, ITMI memang fokus untuk tunanetra. Kegiatan kita saat ini adalah belajar al-Quran braile. Kami berharap meskipun kami tunanetra, tapi kami tetap bisa melantunkan ayat-ayat Allah,” ungkapnya. (Kustriawan/Astri)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *