Bersama KOPMU-DT, DT Peduli Gelar Program Pelatihan Ketahanan Pangan

Sebanyak sepuluh anggota binaan penerima manfaat Program Microfinance Berbasis Masyarakat (Misykat) Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli) mengikuti acara pelatihan Program Ketahanan Pangan. Kegiatan ini dihadiri pengurus Koperasi Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (KOPMU-DT) dan aparat pemerintah setempat.

Dilansir dari dtpeduli.org, pada Selasa (1/9), KOPMU-DT kembali menggelar Program Ketahanan Pangan Kelompok Budidaya Ikan Lele Sangkuriang. Program kedua yang dilaksanakan KOPMU-DT di Kampun Cikajang, RT.001/016, Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Lele sangkuriang menjadi pilihan para pelaku usaha budidaya ikan karena terdapat banyak keunggulan. Waktu panen yang relatif singkat (2-3 bulan) serta hasil produksi tinggi. Lele jenis ini juga diminati masyarakat dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, lele sangkuriang juga dapat dibudidayakan dan dinilai praktis karena teknik pemeliharaannya cukup sederhana.

Hani Hanifah, Ketua Pengurus KOPMU-DT menuturkan pelatihan ketahanan pangan dapat membantu perekonomian masyarakat. “Mudah-mudahan program ini bisa membantu ketahanan pangan anggota dalam kondisi pandemi ini,” ujar Hani.

Pada kesempatan tersebut disampaikan materi yang terbagi dua sesi, yaitu sesi penyampaian teori dan praktik. Materi disampaikan oleh Kabul Ibrahim, sarjana peternakan Universitas Padjajaran. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *