Bukti Syukur Para Penulis, Royalti Buku Wakaf untuk Wakaf Produktif

Alhamdulillaah, Royalti buku Akuntansi dan Manajemen Wakaf diamanahkan Para Penulis untuk Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid. Dodik Siswantoro, salah satu penulis buku tersebut menyerahkan Wakaf melalui media transfer untuk Program Wakaf Produktif.

 

“Assalaamu’alaikum Warahmatullaah Wabarakaatuh, ini hasil royalti buku diberikan ke DT”, isi pesan singkat Dodik Siswantoro via seluler, pada Kamis (20/02).

 

Buku Akuntansi dan Manajemen Wakaf ini ditulis oleh 21 orang penulis dari berbagai kampus di Indonesia. Seluruh penulis memiliki fokus perhatian pada ekonomi dan keuangan syariah terutama wakaf. 21 orang penulis tersebut, di antaranya:

  1. Delli Maria
  2. Dodik Siswantoro
  3. Erika Takidah
  4. Hari Candra
  5. Hidayatul Ihsan
  6. Ifa Hanifia Senjiati
  7. Lisa Listiana
  8. Lukman Hamdani
  9. Miranti Kartika Dewi
  10. Muthmainah
  11. Nur Azifah
  12. Nyata Nugraha
  13. Putri Maulidiyah
  14. Ratna Mulyany
  15. Rini
  16. Siska Lis Sulistiani
  17. Slamet Wiyono
  18. Sri Nurhayati
  19. Suryani
  20. Tommy Kuncara
  21. Wasilah Abdullah

 

21 orang penulis tersebut, mengamanahkan hasil Royalti kepada Lembaga Wakaf DT bukan karena tanpa alasan. Menurut kesepakatan para penulis, Daarut Tauhiid memiliki program Wakaf yang bagus dan bermanfaat bagi umat.

 

Sebelumnya, launching buku dari Penerbit Salemba ini, bertempat di Universitas Islam Negeri Jakarta, pada Kamis (23/05/19) dan dihadiri langsung oleh Lembaga Wakaf DT yang diwakili oleh Tita Wartika, sebagai Kepala Sekretariat Wakaf DT dan Abdul Hakim, sebagai Staf Akunting Wakaf DT. Launching buku tersebut dihadiri, sebagai antusias untuk mengikuti perkembangan Model Perwakafan di Indonesia.

 

Buku tersebut terbit sebagai respon para penulis terhadap kekosongan referensi mengenai wakaf dan semangat untuk ikut andil memberikan kontribusi dalam perkembangan praktik wakaf di Indonesia. Buku yang didesain untuk mata kuliah yang memiliki pembahasan mengenai wakaf ini tentunya merujuk pada sejumlah teori dan regulasi terkait wakaf yang berlaku di Indonesia.

 

Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup Pengantar Wakaf, Fikih Wakaf, Praktik Pengelolaan Wakaf di Berbagai Negara, Investasi dan Manajemen Wakaf, Konsep dan Teori Akuntansi Wakaf, Anggaran Lembaga Wakaf, Akuntansi Pemberdayaan Aset Tanah Wakaf Produktif, Standar Akuntansi Wakaf Sosial, Pengukuran Kinerja Wakaf, Tata Kelola Pengelola Wakaf, Isu Pajak dalam Wakaf, Audit Wakaf, Wakaf Kontemporer dan Isu Wakaf.

 

Dengan pembahasan yang komprehensif ini, maka segala hal yang terkait dengan Akuntansi dan Manajemen Wakaf sudah dibahas tuntas dari A sampai Z. Selain itu, terdapat pembahasan mengenai kemungkinan pengembangan model wakaf ke depan yang tentunya memiliki karakteristik yang sesuai dengan negara Indonesia.

 

Dan masya Allah, seluruh royalti dari penjualan buku ini akan didonasikan untuk wakaf. Barakallah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *