Cottage Daarul Jannah, Penginapan Syariah di Bandung

Bagi para wisatawan yang pernah mengunjungi Kota Bandung, khususnya yang singgah di Daarut Tauhiid (DT), tentunya nama Cottage Daarul Jannah tidak asing lagi. Daarul Jannah berarti rumah surga. Cottage ini berdiri pada tahun 1998 sebagai penunjang program pelatihan di bawah tanggung jawab DT Training Centre. Program ini bekerja sama dengan beberapa instansi, baik itu pemerintah maupun swasta. Mayoritas peserta pelatihan yang menginap berasal dari instansi perbankan.

Kepemilikan Cottage Daarul Jannah yakni sebagai aset wakaf produktif, sedangkan untuk pengelolanya menjadi tanggung jawab Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) DT. Ada pun konsep bisnisnya yakni bagi hasil sesuai nilai yang telah disepakati.

Visi Cottage Daarul Jannah yaitu menjadi penginapan syariah yang mengamalkan nilai-nilai DT. Sedangkan untuk motonya, Menginap sambil Berwakaf dan Penginapan dengan Nuansa Islami.

Keistimewaan Cottage Daarul Jannah
Cottage Daarul Jannah memiliki beberapa keistimewaan, antara lain: Pertama, segi fisik bangunan cottage mempunyai konsep alami. Bangunannya berbentuk panggung, mewakili rumah adat Sunda dengan Budi Faisal sebagai arsiteknya. Budi Faisal merupakan arsitek Eco Pesantren DT. Ciri khas karyanya adalah menerapkan konsep tradisional dan back to nature (kembali ke alam).

Kedua, dari segi sistem syariah yang diterapkan yakni non mahram tidak diperbolehkan menginap di Cottage Daarul Jannah, menerapkan no alcohol, no miras dan no asap rokok, termasuk menerapkan budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) sebagai bagian dari tata nilai DT. Dalam praktiknya cottage menerapkan aturan berdasarkan dokumen pribadi maupun jejak digital. Cottage Daarul Jannah bukan hanya menerapkan norma sosial yang berlaku di masyarakat, melainkan juga menerapkan nilai-nilai syariah khas DT. Meskipun begitu, tidak ada larangan bagi non muslim yang hendak menginap di Cottage Daarul Jannah.

Mohammad Hanafi selaku pengelola Cottage Daarul Jannah mengungkapkan pada tahun 2010, ada seorang non muslim menginap di cottage. Ia sengaja memilih Cottage Daarul Jannah karena ingin memberikan keamanan tontonan pada anaknya.

Cottage Daarul Jannah juga membuka marketing online melalui aplikasi Agoda sehingga dikenal di seluruh dunia. Hal ini yang membuat Cottage Daarul Jannah pernah menerima tamu wisata backpacker asal Belanda. Tamu ini tidak hanya sekali menginap di cottage, melainkan beberapa kali. Wisatawan asal Belanda tersebut menginap di cottage dengan alasan ingin mengenal budaya yang berbeda dengan budaya di negaranya, termasuk mengenal Islam.

Cottage, MICE and Tour
MICE and Tour merupakan pengembangan dari Cottage Daarul Jannah. Terkait semakin meningkatnya kebutuhan pariwisata, maka lebih dikembangkan pada Tour and Travel. Tour and Travel memberikan pelayanan yakni mendampingi para tamu baik dari dalam maupun luar negeri dengan menyediakan guide/pemandu wisata yang memandu wisatawan dalam mengamalkan nilai-nilai Islam dan tata nilai DT di perjalanannya.

Saat ini Tour and Travel telah bekerja sama dengan lembaga internal maupun eksternal DT. Menyediakan jasa pelayanan tiket hingga guide di berbagai tempat wisata, dalam maupun luar negeri. Tour and Travel juga melayani pemanduan wisata ziarah di wilayah Bandung, Jawa Barat, maupun wilayah Indonesia lainnya. Tour and Travel pun telah mendampingi para wisatawan ke beberapa tempat misalnya Bangka Belitung, Malaysia, Singapura, Thailand, dan lainnya.

Prinsip kerja Cottage Daarul Jannah yakni melayani dari hati untuk memberikan solusi bagi perjalanan tamu dengan menanamkan nilai-nilai syariah dan tata nilai DT. Hal ini sesuai firman Allah SWT:

وَقَالَ الَّذِي اشْتَرَاهُ مِنْ مِصْرَ لِامْرَأَتِهِ أَكْرِمِي مَثْوَاهُ عَسَى أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَكَذَلِكَ مَكَّنَّا لِيُوسُفَ فِي الْأَرْضِ
وَلِنُعَلِّمَهُ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya, ‘Berikanlah tempat (dan layanan) yang baik kepadanya, mudah-mudahan dia membawa manfaat bagi kita atau kita angkat dia sebagai anak.’ Dan demikian Kami berikan kedudukan yang baik pada Yusuf di negeri (Mesir), dan agar Kami mengajarkan kepadanya takwil mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti.” (QS. Yusuf [12]: 21).

Ayat ini salah satu kandungannya tentang memuliakan tamu. Bagian dari ajaran Islam yang dicontohkan Rasulullah saw. Bukan hanya kepada sesama muslim, namun juga kepada seluruh umat manusia sebagai wujud agama rahmatan lil alamin. Cottage Daarul Jannah berusaha mengamalkannya melalui jasa penginapan yang islami dan profesional. (Ana)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *