Diary Anak, Inovasi Media Laporan Perkembangan Anak di PG & TK DT

Setiap satu bulan, PG & TK Daarut Tauhiid (DT) memberikan laporan penilaian siswa kepada orangtua mulai dari kelompok PG, Tk-A, Tk-B1 dan TK-B2 sebagai sarana informasi perkembangan anak selama satu bulan berjalan. Laporan penilain yang diberikan oleh PG & TK DT berupa diary anak, yang mana laporan anak selama satu bulan dipaparkan mulai dari nilai karakter baru, enam aspek perkembangan, dan penilaian lainnya.

Menurut Risti Rahmawati selaku Wakil Kepala Ssekolah Bidang Kurikulum dan Siswa, diary anak merupakan penilaian perkembangan anak yang biasa dilakukan oleh guru-guru PG & TK. Sebelumnya disebut laporan bulanan, sekarang menjadi diary anak.

“Semenjak terjadi pandemi laporan diary anak dibuat. Diary anak ini sebagai pengganti laporan bulanan, untuk melaporkan perkembangan anak selama satu bulan. Bentuk laporannya berupa soft file yang isinya ada laporan enam aspek perkembangan terdiri dari nilai agama dan moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan seni, selain itu ada juga nilai karakter baku, dan narasi rekomendasi stimulus yang perlu dibantu orangtua di rumah,” jelas Risti.

Saat ditemui pada Kamis (10/12), Putri salah seorang orangtua siswa dari TK-B menanggapi baik dengan adanya laporan bulanan atau diary anak ini. “Bagus sekali, ada laporan pencapaian siswa. Ya dikarenakan pandemi belajar di rumah, anak lebih banyak moody-nya jadi belajar kadang susah, mungkin jadi pencapaian kurang maksimal,” kata Putri.

Yanti, Ketua Komite PG & TK DT sekaligus orangtua siswa TK-A pun menyikapi baik dengan adanya diary anak, “Alhamdulillah diary anak bagus, jadi kami orangtua tahu perkembangan anak. Mana yang lebih, dan mana yang kurang untuk diperbaiki,” tutur Yanti. (Pipit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *