DT Batam Terima Bibit Sayur dari Bank Indonesia

[daaruttauhiid.org] – Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menitik beratkan pedidikan agama, serta kemandirian hidup bagi santrinya.

Kemandirian ekonomi pesantren juga menjadi salah satu tolak ukur apakah pesantren itu baik atau tidak dalam mengelola sumberdaya manusia ataupun sumber yang ada di lingkungan Pesantren.

Pesantren Daarut Tauhiid Batam dalam hal ini telah lama menjalankan roda ekonomi di Pesantren guna memaksimalkan potensi yang ada disekitar Pesantren.

Pada hari Selasa (2/11), Daarut Tauhiid Batam mendapatkan Hibah dari BI (Bank Indonesia) berupa fasilitas dan bibit sayuran. Support BI tersebut adalah untuk pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren.

Sebelumnya BI sempat melakukan asesment ke Daarut Tauhiid Batam, bantuan apa sekiranya yang diperlukan oleh DT Batam, yang bisa menjadi slah satu sarana menjalankan perekonomian pesantren.

DT Batam sebelumnya juga sudah pernah budidaya lele dan ikan, dimana bibit-bibit ikan tersebut didapatkan dari Balai Perikanan Budidaya Laut Batam.

Aisyah selaku Pengurus DT Batam menyampaikan, “Tujuannya ada program-program tersebut adalah agar bagaimana pesantren bisa mandiri secara ekonomi, dan alhamdulillah secara perputaran uang juga jadi hidup. Sudah ada catering, depot isi ulang air minum tetapi hanya untuk lingkungan pesantren.”

Adapun pengelolaanya oleh Kantor DT Batam, targetnya dari adanya hibah tersebut tidak hanya menjadi sumper perekonomian pesantren, tetapi bisa menjadi sarana pembelajaran bagi santri, karena sudah ada sekolah.

Rencananya pada 7 November mendapatang hibah yang ada akan diresmikan langsung oleh Aa Gym saat Aa melakukan kunjungan ke DT Batam. (Wahid)

Red: WIN

 

Bagi Jama’ah sekalian yang tertarik untuk berkontribusi terhadap syiar dakwah dan wakaf untuk pembangunan sarana ibadah & belajar santri, bisa menyalurkannya melalui rekening beikut:

Bank Syariah Indonesia (BSI) 9255.373.000 an Yayasan Daarut Tauhiid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *