DT Peduli Gelar ACM Goes to School di SMAN 3 Cimahi

SMAN 3 Cimahi atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Aman Lu Ci’, terpilih dikunjungi oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli, untuk menggelar Program Ayo Cintai Masjid (ACM) episode ke 118. Tema yang diusung ialah ‘ACM Goes To School’.

Kegiatan diawali dengan Training ACM, dan sambutan yang disampaikan oleh Dede Mulyawan, Direktur DT Berdaya. Selanjutnya, materi tentang manajemen masjid, disampaikan oleh Ustaz Yusuf Gunawan, dan Saefurrohman, Supervisor Program ACM.

Peserta pada kegiatan tersebut berjumlah 100 orang, yang terdiri dari siswa siswi Kelas XI dan XII, 30 di antaranya ialah anggota aktif ekstrakurikuler rohis. Mereka juga didampingi oleh Perwakilan Guru Agama SMAN 3 Cimahi.

“Alhamdulillah, siswa-siswi sangat antusias dengan adanya kegiatan ACM ini. Siswa-siswi yang hadir mayoritas adalah anggota aktif Organisasi Intra Sekolah (OSIS), terutama anggota esktrakurikuler Rohis. Kegiatan ACM ini bukan hanya berdampak di masjid saja. Ketika manajemen masjid sudah terbentuk di setiap siswanya, maka siswa bisa melakukannya di rumah dan di masjid dekat rumahnya,” kata Saefurrohman, pada Ahad (1/9).

Setelah penyampaian materi, para siswa langsung melaksanakan kegiatan Bersih-Bersih Masjid (BBM), dan dibagi ke dalam enam kelompok. Para siswa terlibat dalam pembersihan tempat wudu, toilet, dan karpet. Sedangkan para siswi bertugas membersihkan jendela, rak, dan mukena.

“Tujuan kegiatan tersebut ialah untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi, untuk senantiasa mencintai masjid. Kemudian mengajak mereka untuk terus salat berjamaah di masjid, dan tergerak membersihkannya. Ke depannya siswa tersebut harus memiliki kesadaran terhadap kebersihan yang ada di sekitarnya. Tidak hanya di masjid, tapi bisa di lingkungan sekolah, dan di lingkungan tempat dia berada. Baik itu di sekitar rumahnya, maupun ketika melanjutkan studinya di kampus,” jelasnya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *