DT Peduli Ajak Generasi Milenial Cintai Masjid

Tak seperti hari-hari biasanya, saat jam pelajaran dimulai, puluhan siswa SMA ini pergi ke masjid sekolah. Dengan penuh semangat, para siswa yang baru menginjak remaja ini berkumpul di masjid untuk menyimak training Ayo Cintai Masjid (ACM)  Daarut Tauhiid (DT) Peduli.

Usai mengikuti training ACM, para siswa kemudian bersiap membersihkan masjid, tempat mereka melakukan salat dan aktivitas keislaman lainnya. Sebelumnya, para siswa mengikuti arahan dari tim DT Berdaya, lembaga pelaksana program ACM Go to School.

Mereka adalah para siswa SMAN 1 Bandung dan SMAN 5 Bandung.  Tak tanggung-tanggung, puluhan siswa yang masih berseragam putih-abu itu mengambil perlengkapan kebersihan dan mulai membersihkan setiap sudut masjid. Mereka juga tak ragu-ragu membersihkan toilet, tempat yang biasa dianggap paling kotor dan bau.

Aef Saefurrohman, Penanggung Jawab Program ACM mengatakan selain membersihkan masjid umum, ACM juga dilakukan di masjid-masjid sekolah. ACM Go to School, kata Aef, bertujuan untuk membangkitkan motivasi para siswa dan menjadikan masjid sebagai prioritas utama.

“Mudah-mudahan dari masjid ini akan lahir generasi-generasi yang mencintai masjid, tahu cara menghormati masjid, rindu masjid, dan tahu cara membersihkan masjid,” kata Aef.

Sebelum ACM Go to School yang dilaksanakan pada pekan kedua Maret 2019, ACM juga telah dilaksanakan di masjid-masjid lainnya baik di wilayah Bandung maupun wilayah-wilayah cabang DT Peduli. Berdasarkan informasi yang didapatkan pada Rabu (20/3), ACM yang ke-94 akan dilaksanakan di Masjid Al- Qona’ah, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Bandung.

Aef menambahkan, terdapat perbedaan antara ACM yang dulu dengan ACM yang saat ini. Menurutnya, ACM saat ini difokuskan mengajak masyarakat mencintai masjid yang dimulai dengan membersihkan masjid. Tak hanya jamaah dan warga sekitar masjid, kali ini ACM juga menyasar para generasi milenial atau para siswa.

Tak disangka, training ACM dan aksi bersih-bersih masjid ini mendapat respon yang baik dari pihak sekolah. Para guru pun, tampak dengan senang hati berbaur bersama para siswanya untuk membersihkan setiap sudut masjid.

“Kalau respon sangat bagus. Beberapa guru pun tampak antusias membantu. Mereka senang senang sekali,” jelas Aef. (Rie)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *