(Edisi Idul Adha) Manfaat Bagi Orang yang Berqurban

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam. Berqurban menjadi momentum yang menghiasi hari raya tersebut, menjadikan manusia menjadi makhluk sosial yang saling berbagi dengan potongan daging qurban. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapat bagi yang berqurban:

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Istilah kata Qurb atau Qurban yang berarti ‘dekat’. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuhan alif dan nun bermakna kesempurnaan. qurban berarti menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah Ta’ala sekaligus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Karena hewan yang diqurbankan pada dasarnya adalah bukan sekedar untuk memberikan manfaat kepada orang sekitar. Tetapi juga sebagai bentuk pengorbanan seorang hamba kepada Tuhannya dengan cara mengeluarkan hartanya melalui qurban.

Segalanya Akan Kembali Kepada Allah

Bercermin pada kisah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam yang rela mengorbankan anak satu-satunya yang ia tunggu puluhan tahun yaitu Ismail untuk disembelih karena perintah Allah Ta’ala. Ini menyadarkan kita bahwa segala sesuatu yang diberikan Allah kepada hambanya harus dikembalikan kepada pemiliknya dengan rasa ikhlas dan lapang dada.

Bahwa tidak boleh seorang hamba mencintai sesuatu melebihi kecintaannya kepada Allah, karena sesuatu hal yang dicintainya dalam bentuk rupa, sesungguhnya hanyalah titipan Allah dan Allah berhak juga untuk meminta titipan tersebut.

Mensucikan Diri dan Harta

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ibadah berqurban adalah salah satu ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah Ta’ala. Bagi mereka yang mampu, berqurban tak hanya dijadikan momen untuk berbagi namun juga mensucikan diri dan harta benda yang dimiliki oleh seseorang. Harta tidak semuanya milik pribadi, ada sebagian merupakan hak orang lain yang membutuhkan yang Allah titipkan kepada kita. Dengan  berqurban, maka seseorang telah membersihkan harta dari yang bukan haknya.

Sebagai Bentuk Syukur

Berqurban adalah bentuk rezeki yang dititipkan Allah untuk disalurkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Selain itu, dalam Islam juga diajarkan untuk saling berbagi dan membantu saudara yang membutuhkan. Tak hanya itu, berqurban juga dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang melimpah dan diberikan Allah kepada hambanya, sehingga seseoranga harusnya mampu menyalurkan sebagian hartanya untuk orang lain.

Meneladani Nabi Ibrahim Alaihissalam

Berqurban adalah salah satu teladan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS. Bentuk kecintaan yang tertinggi kepada Allah Ta’ala. Seperti yan tertera dalam Al-Qur’an;

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

”Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. (QS. Ash-Shafaat: 102).

Wallahu a’lam bishowab

(Shabirin/Wahid)

Informasi
Bagi sahabat yang mau Berqurban Plus Wakaf bisa Via Online Klik : http://dtpeduli.org/qurban
☎️ Info Qurban 0813-1712-1712

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *