Hikmah Beraneka Suku dan Negara

Sahabat yang baik, semua yang ada di seluruh dunia ini adalah ciptaan Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, milik Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Dan semua orang yang ada di dunia ini tidak memilih, apakah dia lahir dimana? Menjadi suku apa? Dan terlahir di keluarga mana?

Oleh karenanya, kita tidak boleh terlewat dari bentuk dzikrulloh kita, ketika kita melihat sebuah tempat dan juga berjumpa dengan orang lain dari berbagai suku apapun. Dan kita pun tidak boleh membeda-beda kan dari suku manapun.

Kita bisa melihat dari beberapa negara yang sudah lebih baik dari negara kita. Dan ketika kita melihat negara tersebut, seharusnya yang kita lakukan adalah bagaimana caranya agar kita bisa mempelajari negara tersebut dan juga bisa menerapkan ilmunya di negara kita. Dan jika kita melihat kekurangan dari negara tersebut, maka yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita tidak menirunya dan akan lebih baik untuk membantu agar bisa menjadi lebih baik.

Sebenarnya dalam Islam pun ada ilmu-ilmunya agar bisa menjadi negara yang baik dan cara agar menjadi negara yang baik pun sudah diajarkan. Bagaimana kita bersikap jujur, bagaimana kita bisa mencintai kebersihan, bagaimana kita bisa disiplin dalam setiap apa yang kita lakukan. Tinggal bagaimana kita bisa benar-benar melakukannya dan juga mempelajarinya dengan sebaik-baiknya.

Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah umat Islam yang terbanyak, tetapi seperti yang kita ketahui bahwa banyak umat Islam di Indonesia yang belum mempelajari bagaimana nilai nilai dan juga ilmu ilmu tentang Islam itu sendiri. Bahkan ada yang mempelajari Islam tetapi salah dalam berniat. Sehingga semua yang dia lakukan itu adalah termasuk ke dalam bentuk yang sia-sia.

Oleh karenanya mari kita mulai perbaiki niat kita dan juga lakukan yang terbaik untuk apapun, dan juga milikilah target untuk bisa menjadi pribadi yang berkualitas, sehingga bisa bermanfaat bagi orang orang yang ada di sekitar kita.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *