Lemstra Daarut Tauhiid Bangun Kandang Ayam Ramah Lingkungan

“Alhamdulillah kami tuntas membangun kandang ayam yang ramah lingkungan. Pembangunan dilakukan dari awal Februari lalu. Ins Sya Allah ini sangat bermanfaat bagi kita,” ujar Husen Gani ditemui pada Senin (5/4). Dengan membangun kandang ayam, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian pesantren untuk tumbuh dengan wakaf produktif.

Husen yang juga Kepala Eco Pesantren DT menuturkan pembangunan kandang ayam ini berada di lahan wakaf DT yang berada di Cijanggel, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat itu sangat aman dan tidak menggangu kesehatan warga dan santri tahfizh. “Kita sadar lingkungan wakaf di sekeliling kita jauh dari pemukiman warga dan Masjid Al Karim tempat santri tahfizz bermukim, namun kita pikirkan resiko apa yang timbul dari hadirnya kandang ayam ini. Meski kita bangun kandang ayam yang dilengkapi teknologi yang ramah lingkungan dan tidak menyiksa ayam,” ujarnya.

Husen berharap ini sebagai jawaban kebutuhan daging ayam yang dinilai masih kurang. Selain dinikmati santri karya dan bisa berkontribusi menjadi pemasok ayam untuk kawasan Bandung Barat atau Bandung. “Kita sudah melakukan riset untuk pengelolaan ternak ayam yang baik dan bersyariah. Serta ada survei oleh BPS bahwa kebutuhan ayam potong kita banyak namun untuk pemasok ayam potong masih sedikit. Ini yang kita pikirkan dengan menjadi lahan wakaf yang ada di ini diproduktifkan. Dikabarkan pada tanggal 16 April nanti ayam sudah chek in ke kandang kita. Mohon do’anya agar diluruskan niat dalam memanfaatkan lahan wakaf ini,” pungkasnya. (Eko)

1 reply
  1. Dymas Danang
    Dymas Danang says:

    Assalamu’alaikum..perkenalkan saya danang dari purwokerto marketing dari suplier peralatan kandang dan jasa pemasangannya..siapa tahu saya bisa suply peralatan serta jasa pemasangan untuk pembangunan kandang ayamnya DT..terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *