Akhir Semester, SMP DTBS Gelar Tahfidz Camp

Setiap akhir semester, SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri rutin menggelar Tahfidz Camp. Agenda ini digelar untuk memperkuat, dan menguji hafalan seluruh santri, mulai dari kelas tujuh hingga kelas sembilan. Tahfidz Camp kali ini diadakan di dua tempat, yaitu di Aula Arafah SMP DTBS Putri, dan Masjid Al-Furqon UPI, di Jalan Dr. Setiabudi No. 229, Isola, Kecamatan. Sukasari, Kota Bandung, selama enam hari dari Senin (9/12) hingga Sabtu (14/12).

Uswandi, Kepala Sekolah SMP DTBS Putri mengatakan, siswa dituntut fokus untuk mengulang hafalan yang sudah mereka hafal selama ini. “Alhamdulillah, sampai tanggal 11 ini, kegiatan berjalan dengan lancar, serta sudah ada 15 siswa yang dinyatakan lulus atau khatam sebanyak satu juz sampai dua juz. Nantinya santri yang sudah dinyatakan lulus ini akan diwisuda dalam agenda Wisuda Tahfidz,” paparnya pada Rabu (11/12).

Menurutnya, santri yang telah dinyatakan lulus, apabila telah memenuhi syarat nilai dari tiga kategori yang diujiankan yaitu, Jayyid, Jayyid Jiddan, dan Mumtaz. Ia juga mengatakan, setiap siswa mempunya cara yang berbeda dalam metode menghafalnya. Namun sering juga setelah selesai mendapatkan pengarahan di tempat ujian tahfidz, para santri langsung menyebar ke pojok ruangan untuk dapat menghafal.

“Ada yang menghafal secara kolektif atau berkumpul bersama teman, ada pula yang menyendiri di pojokan,” tambahnya.

Sesuai dengan tema kegiatannya yaitu ‘Dengan mujahadah mengahafal al-Quran, hidup lebih optimis, bervisikan surga serta meraih rida Allah’, Uswandi pun berharap, para santri dapat semangat dalam menghapal, dan tidak hanya sebatas hapal saja, tetapi juga diamalkan, sehingga mendapat rida Allah beserta surga-Nya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *